Tips 2: Kuliah di Jerman

Seperti janji gue di tahun lalu kalau gue bakalan lanjutin tentang tips untuk kuliah di Jerman. Tips dari gue ini bener-bener hasil dari pengalaman gue sendiri dan pengalaman orang-orang asing di sekitar gue. Dan gue berharap tentunya kalau pengalaman gue ini juga bisa bermanfaat untuk kalian 🙂

Kali ini gue mau berbagi pengalaman tentang Part-Time Job di Jerman. Info ini lumayan penting untuk anak2 yang finansialnya ngak didukung 100% sama ortu atau keluarganya. Sepertinya yang udah pernah gue bilang. Keuangan gue dulu juga ngak didukung 100 %, jadi ya gue harus kuliah sambil kerja. Kira2 gue cuma dapet sekitar 200-300 Euro per bulan dari Indo. Dan itu Jelas sangat tidak cukup untuk hidup disini (menurut gue). Haha… Seperti yang gue bilang juga gue itu orangnya boros. Gue demen banget Shopping, demen banget nyobain resto2 enak di Jerman, demen banget Party semaleman suntuk dan gue juga seneng banget jalan2 keliling Eropa. Selain itu selama kuliah gue juga Long Distance sama Matthias (Köln-Bremerhaven) dan itu tidak murah!

Soooo… Untuk mencukupi kehidupan hedon gue ya gue harus kerja. Dan kerja gue itu ngak dikit lhooo… Malah kayaknya gue banyakan kerja deh daripada kuliah. Hahaha… Jangan dicontoh ya… 🙂

Part-Time Job sendiri ada 2 macem disini:

1. Part-Time Job sepanjang tahun

Typical Part-Time Job untuk sepanjang tahun itu kayak kerja di McDonalds (selama kuliah gue kerja disana), Burger King, Cafe atau resto2 gitu. Nah… biasanya gajinya itu kecil. Dulu gue awal kerja disana cuma di bayar 6,6 €/jam dan pas akhir2 gaji gue uda 7,5€. Secara kontrak resmi biasanya untuk Student itu 20 jam kerja per minggu, artinya sebulan kalian bisa dapet kira-kira 500 – 600 Euro. Kadang kalian juga bisa minta jam kerja lebih.

Dulu kalo ngak jaman ujian gue bisa kerja sampe 30 jam per bulan dan kalo jaman ujian ya harus di sesuaiin sama ujiannya. Kadang pas ujian gue masih kerja, kalao pelajarannya ngak gitu susah atau seminggu gue ngak kerja sama sekali karena harus nyiapin ujian yang horor banget!

Jadi intinya kalian harus pinter2 aja bagi waktunya. Di Jerman itu kan masuk kuliah ngak selalu wajib dan ampir ga ada absen (kecuali kalo pas Labor). Jadi biasanya kalo menurut gue pelajarannya ngak susah2 banget dan skripnya di Internet lengkap yaaa gue lebih milih kerja daripada duduk di bangku kelas (Bolos maksudnya :D). Weekend gue ampir selalu kerja. Biasanya tiap bulan gue ambil libur 1-2 kali Weekend, biar gue bisa ke Köln. Kan pacaran juga penting ya 😀 😀

Jadi pas hari biasa juga kadang-kadang kerja juga. Antara bolos kuliah, setelah kuliah atau kalo emang lagi ngak ada kuliah. Seminggu gue bisa 3-4 kali kerja dan waktunya 6 – 8 jam kerja. Pendapatan gue sendiri lumayan bervariasi dari 400 – 800 Euro. Itu tergantung seberapa banyak gue kerja per bulannya. Kalo di McDonalds dulu itu Klo tanggal merah biasanya gue kerja, karena gajinya double. Kan lumayannnn 😀

Nahh… Gue sih ngak bisa cerita banyak gimana kerja di resto2 atau cafe ya. Gue cuma pernah kerja Part-Time di McDonalds (3 tahun) dan Burger King (2 bulan) aja. Kerja di McDonalds itu menurut gue asik tapi berat. Jangan mikir kalian bisa enak2 kerja disana. Banyak banget yang ngak betah lho kerja di McDonalds. Tapi dulu itu temen2 kerja gue enak banget, jadi gue betah kerja disana. Kerjaan gue sendiri di McDonalds itu macem2. Gue kerja di dapur untuk nyiapin burger, kerja jadi kasir dan juga beresin sisa makanan orang. Biasanya kalo cewek itu jarang yang lama kerja di dapur. Mereka senengnya di kasir. Tapi gue sih seneng2 aja lhooo… Makanya bos gue dulu juga seneng kalo gue bisa kerja dimana aja. Jadi Kasir bisa… Kerja di dapur juga bisa..

Banyak yang bilang kalo kerja di McDonalds itu gajinya kecil dan kerjaan berat. Itu emang bener tapiiiii menurut gue ngak parah2 banget kok. Yang penting buat gue adalah gue bisa punya duit untuk bayar kehidupan gue tiap bulannya. Kan bersusah2 dahulu, bersenang2 kemudian ya… 😀

 

2. Ferienjob

Nahh… untuk yang susah bagi waktu mungkin lebih baik kerjanya pas liburan aja, namanya Ferienjob. Di Jerman itukan kalo pas Paskah bisa libur 2 minggu dan kalo Summer malah bisa sampe 3 bulan ya… Nahhh… diwaktu liburan itu bisa kalian gunain untuk kerja.

Ngak enaknya itu ya setelah selesai ujian kalian harus kerja dan abis selesai masa kerja ya harus siapin ujian lagi. Kalian emang bisa dapet gaji lumayan gede. Kalo ngak Salah sekitar 2000 Euro per bulan. Jadi dalam beberapa bulan kalian bisa dapet 4000 Euroan. Emang sihhhh gede tapi itu bukan Option buat gue. Hehe

Gue lebih seneng kuliah sambil kerja, tiap bulan dapet gaji walau ngak banyak banget dan pas liburan gue bisa jalan2 😀 Enakkan??? Hehe

Kerjaan untuk Ferienjob sendiri gue ngak bisa bilang enak atau ngak, karena gue ngak pernah ngalamin. Ada yang bilang enak, ada juga yang bilang ngak enak. Tapi kan tiap orang beda2 ya… Kayak kerja di McDonalds aja banyak yang bilang ngak enak kerja di McDonalds tapi menurut gue enak2 aja 😀

 

Sooo tips gue untuk yang mau kuliah sambil kerja ya kalian harus kenali dulu model kerja kayak apa yang cocok untuk kalian. Kalo kalian mau kerja di McDonaldspun kalian ngak harus kayak gue kerjanya banyak. Kalian juga bisa kerjanya Sabtu&Minggu aja. Buat gue sihhh duitnya jadi kedikitan ya… Hehe… Tapi yang harus diingat adalah kalian kan di Jerman tujuannya mau kuliah bukan kerja Part-Time. Jadi kalo pas kerja itu kalian ngerasa kuliah kalian terganggu, coba pikir ulang lagi deh apa bener2 perlu kalian kuliah Part-Time. Kalau untuk anak2 yang finansialnya ngak disupport dari indo ya emang harus dipaksain ya…

Tapi jangan gara2 kebanyakan kerja, kuliah kalian malah jadi berantakan dan akhirnya malah di DO dan harus balik ke indo dengan tangan kosong lhoooo…

Oiya… Untuk kerja di McDonalds gituuu bahasa jerman kalian udah harus lancar lhooo.. Kalo ngak ntar bos ngomong apa ngak ngerti lagii.. Hehe… Klo Ferienjob gitu sih kayaknya ngak penting2 banget ya… Sooo perlancar bahasa jerman kalian dengan selalu ngomong jerman 😀

Selamat bekerja 😀

PS: Tips dari tahun lalu kalian bisa liat disini: Tips 1: Kuliah di Jerman

 

 

Getaggt mit , , , , , , ,

8 Gedanken zu „Tips 2: Kuliah di Jerman

  1. Riza rastu lingga sagt:

    Minta kontak yang bisa di hubungi dong, mau nanya informasi nih

  2. tanto sagt:

    Bro. Klo boleh aku minta kontaknya. Bbm apa apa gtu. Aku mau tanya tanya. Mohon saran sama bagi pengalamannya. Terimakasih sebelumnya

  3. fawqa sagt:

    kak, minta kontaknya dong kak, mau nanya nanya nih seputar kuliah di jerman

  4. azda sagt:

    klo ikut ke-2nx boleh nggak?, kan di btsin jam kerja?

  5. lydiautami21 sagt:

    Hai, saya baru nih di Jerman 🙂 kalau ga salah kerja sambilan itu dibatasi 450 euro per bulan ya penghasilannya ? Kalau shinta dulu gimana, apakah jd bayar pajak atau ? Vielen Dank 🙂

    • Hallo lydia.. itu tergantung status km disini gmn. km dapet ijin kerja atau tidak n berapa jam km blh kerjanya. sebagai mahasiswa km jg nggak bayar pajak. dan benar, kalau yg 450 euro itu nggak bayar pajak.

Kommentar verfassen

