Tips 1: Travelling Murah di Eropa

Belakangan ini lagi gede banget hasrat untuk nulis blog, jadi ya harus dimanfaatin dong ya… 😀 Mudah2an kali ini tips gue juga berguna buat Yang baca. Gue bukannya sok2an kasih tips2 segala untuk kalian sih, gue cuma mau share aja gimana persiapan gue untuk travelling di Eropa. Kali ini maksud gue di Eropa itu untuk kota2 gede kayak Roma, Paris, Barcelona, Milan, dll…

 

1. Alat Transprotasi

Kalau gue sih sebenernya terserah mau pake apa yang penting cepet nyampe dan murah! Jadi sebelum kalian tentuin mau kemana, mening nyari2 dulu deh tiket yang murah. Jadi kalau liburan itu tujuan gue ngak tertuju pada suatu kota/negara tapi gue fokus sama Budget yang gue punya. Biasanya beberapa bulan sebelumnya gue udah rajin searching2 harga tiket.

Kalau naik pesawat biasanya gue liat di Ryanair atau ngak German Wings. Di kedua jasa penerbangan itu gue sering banget dapet tiket murah. Contohnya waktu sekitar 2009 (kalo ngak salah inget) gue pernah ke Milan dari Bremen dengan harga PP 20 Euro. Iyaaa!!! Cuma 300 rebu doank waktu itu dan gue udah nyampe Milan boooo!!! 😀 Nahh.. Biasanya kalo tiket pesawatnya murah gini, bandaranya juga Rada jauh dari kota Yang dituju. Tapi jangan kawathir, biasanya di tiap bandara ada bus gitu Yang bakal nganter kalian di kota Yang kalian tuju. Biasanya rata2 butuh waktu 1 jaman untuk sampe ke kota itu. Lumayan kok…

Atau ngak kalian bisa juga naek kereta. Nahhh… Kalo gue sih sebenernya mening naek pesawat soalnya lebih cepet nyampenya dan jarang telat. Tapi kalo ngak jauh2 amat gue juga pernah naek kereta. Di kereta Jerman biasanya ada Spartarif gitu kalo kalian beli tiketnya jauh2 hari. Liat di: http://www.deutsche-bahn.de. Contohnya pas gue ke Den Haag dua tahun yang lalu.  Harganya PP kalo ngak salah Cuma 50 Euro dengan BahnCard 25 (itu kartu diskon gitu).

Alternativ terakhir Kita juga bisa naik bis. Tapi gue sampe Saat ini menghindari untuk naik bis sih, soalnya kelamaan nyampenya. Dan selama ini gue selalu bisa neuim tiket murah dengan pesawat dan kereta. Jadi ya sampe sekarang blom ada kesempatan buat nyobain naek bis. Harganyapun gue ngak tau berapaan…

 

2. Penginapan

Kalian harus tentuin untuk tidur di Hotel atau Hostel. Kalau gue sih biasanya nyarinya Hotel, soalnya gue Rada geli gitu kalo harus sekamar mandi sama orang2 lain. Padahal harusnya biasa aja ya… Mungkin kali2 harus gue coba 😀

Nahhh… Untuk bisa booking penginapan ada baiknya kalian udah punya Credit Card, jadi lebih gampang. Tinggal nyari2 Hotel murah, contohnya: http://www.booking.com atau situ2 lainnya untuk booking Hotel kalian. Gue sih selama ini selalu dapet Hotel Yang gue mau ya dari Booking.com dan ngak pernah dikecewain, jadinya ya gue akan pake terus deh…

Kalo yang ngak punya kartu Kredit bisa modal nekat. Gue pernah lho modal nekat gitu pas waktu ke Milan. Jadi gue dan dua temen gue itu ngak ada Yang punya kartu Kredit sama sekali, jadinya ya Kita ngak bisa booking Hotel deh. Dengan modal nekat ya Kita berangkat aja gitu ke milan. Hahaha… Pas sampe sana ya Kita samperin deh hotelnya satu2, tapi beberapa hari sebelumnya gue udah cari2 di Internet gitu. Waktu itu seinget gue akhirnya Kita ketemu Hotel dengan harga per orangnya 27 Euro. Lumayan dehhh… 😀

 

3. Transportasi dalam kota

Nahh… Biasanya kalo gue travel ke kota2 gede gitukan Cuma kalo lagi Long Weekend aja. Jadinya palingan 3 hari 2 malem gitu peginya. Untuk transportasi dalam kota (Bus, Trem atau MRT) gue biasanya beli tiket untuk 3 hari gitu. Biasanya ada pilihan: tiket satuan, tiket harian, tiker untuk 3 hari atau tiket untuk 7 hari. Tapi setiap negara beda2 sih… Cuma tiket yang gue sebutin itu biasanya selalu ada ampir di tiap negara. Karena gue ngak mau ribet dan kadang2 males jalan jadi biasanya gue langsung beli tiket untuk selama gue disana. Entah itu akhirnya kepake atau ngak…

 

4. Objek Wisata

Nahhh… Lebih baik sebelum kalian pergi kalian tentuin kalian maunya liat apa aja di kota itu. Gue saranin sih beli travel guide yang murah gitu sebelumnya. Jadi biasanya sebelum gue traveling gue selalu beli travel guide gitu yang edisi lama, jadinya harga murah. Trus sambil cari2 di Internet juga, kira2 ada yang baru atau ngak. Kalau ada sesuatu yang baru dan menarik tinggal di tambahin pake post it aja. Jadi ngirit gitu… Soalnya harganya itu bisa turun sampe 70% dari harga awal. Irit boooo!!!!

Dan di Travel Guide itu kan biasanya udah ada mapsnya, trus objek2 wisata yang terkenal atau jalur2 kereta bawah tanah, bahkan tips restoran enak. Jadi menurut gue sih berguna bangettt…

 

5. Harus nyobain makanan khas negara tersebut tapi kadang ngak murah

Nahhh ini sih Kudu banget buat gue!!!! Karena gue demen banget segala sesuatu yang berhubungan dengan makanan, ya tentunya gue juga akan nyobain makanan2 khas negara yang gue kunjungin donk ya… Tapi kadang harus persiapin Budget yang lebih besar untuk ini.

Tapi prinsip gue sih, gue kann belum tentu dateng dua kali ke kota/negara yang sama. Jadi kalau gue udah disana ya harus dipuas2in deh… Biar nantinya ngak nyesel. Guepun lebih mening untuk nunda perjalanan gue sampe duitnya bener2 kekumpul. Jadinya disananyapun gue ngak harus medit2 banget… Biasa sayakan manusia hedon. Hahaha…

Semoga tips ini membantu persiapan liburan kalian :D:D

 

PS: Pas jaman kuliah dulu biasanya untuk sekali trip (kira2 3 hari) gue siapin uang sekitar 200 euro dan itu cukup banget! 200 Euro itu udah termasuk semuanya… Transportasi PP dan dalam kota, Hotel, makan, makan dan makan…

Selamat liburan!!!!!!

Saya juga mau liburan lagiiii!!!!!!!!

Getaggt mit , , , , ,

Kommentar verfassen

