Sang Penyewa Apartemen

Weekend kemaren gue baru aja dapet kunci apartemen baru. Asikkk… Suasana kehidupan gue lagi dikelilingi hawa pindahan gitu. Kalo lancar gue bakal pindahin barang-barang gue Weekend besok.  Tapi yang bikin repot adalah minggu ini gue dari senen sampe jumat mesti ke luar kota dan ngepak barangnya belom selesai. Haihhh… Mudah-mudahan semuanya bisa beres deh ya 😀 Kali ini gue belom mau cerita tentang pindahannya (Ya iyalahhh… pindahan aja belom!!) tapi gue mau cerita tentang 2 penyewa apartemen gue dengan ribetnya gue sama mereka berdua.

Penyewa apartemen baru (Landlord) gue itu orangnya pingelig banget… Apa ya pingelig bahasa indonya??? Kalo gue di terjemahin di Internet sih katanya ‚fussy‘ bahasa inggrisnya. Jadi penghuni lama apartemen baru gue itu lumayan bermasalah pas mereka keluar dari apartemen, karena si penyewa apartemen rewel dan nggak puas dengan keadaan apartemennya. Pas lagi mau serah terima kunci mereka (yang nyewa dan si penyewa) masih berantem gitu, karena banyak yang nggak sesuai protokol. Jadi kalo disini tuh sebelum serah terima kunci kita harus nyatet satu2 apa aja yang udah rusak/jelek di apartemen itu. Nahh… Kalo pas mau pindahan itu protokolnya itu bakal di keluarin lagi dan di cek lagi satu-satu, apakah ada yang nambah kerusakan atau kejelekannya. Kalo iya, bisa jadi uang jaminan kita itu di potong atau kita harus renovasi apartemen itu sebelum kita pindah. Ribet ya?? Hehe

Nah… Intinya si penghuni lama itu nggak terlalu detail nulis kerusakan/kejelekan yang ada di apartemen itu pas mereka baru masuk. Jadi pas si penyewanya ngecek apartemennya sebelum serah nerima kunci ke gue, si penyewa nemuin lumayan banyak kekurangan. Dan si penyewa nuntut si penghuni lama itu beresin kekurangan2 itu dulu. Dan terjadilah keributan, karena di penghuni lama nggak terima dan dia ngotot kalo kerusakan itu udah ada sebelom dia masuk apartemen itu. Gue kemaren udah bete banget takut dapet penyewa apartemen yang rese gitu, karena pas serah terima kunci itu menurut gue apartemennya udah bagus dan bersih banget. Emang sih kalo di teliti lebih detail lagi, kekurangan atau kejelekan apartemennya baru bisa di liat. Tapi semua masih dalam batas yang bisa dimaklumi kok… Tapi akhirnya mereka nemuin jalan tengah dan gue dapet kunci gue juga 😀

Karena gue nggak mau dapet masalah yang sama kayak si penguhuni lama, ya gue tulis semua-muanya dan sedetail mungkin di protokol tuh. Sampe si penyewa apartemen bete juga… Haha… Biarin deh daripada ntarnya gue yang pusing ya… Hehe…

Nahhh… ternyata gue sekarang lebih bersyukur punya penyewa apartemen yang ‚rese‘ itu, daripada penyewa apartemen lama gue. Tau kenapa???? Karena mereka terlalu baik hati, jadilah kerjaan gue sekarang banyak banget pas mau pindahan! Jadi pas gue baru masuk itu apartemen si penghuni yang lama ninggalin beberapa barangnya karena gue pikir masih bisa gue pake lagi. Beberapa emang udah di rundingin sama gue. Di apartemen gue yang sekarang tuh ada extra loteng gitu yang fungsinya sebagai gudang. Nah… Di loteng itu tuh ada ada rak-rak gitu yang di tinggalin si penyewa yang lama. Gue bukan ngegerutu masalah raknya(karena soal rak itu emang udah dengan persetujuan gue) tapi ternyata di belakang rak2nya itu ada banyak barang juga yang di tinggal sama si penyewa yang lama. Karena tuh gudang nggak pernah gue pake juga selama gue tinggal disana (sekitar 2 tahun), jadi ya gue juga nggak pernah bener-bener ceklah sebelomnya. Dan raknya itu ternyata susah banget dibongkarnya, karena mur-nya udah pada karatan semua. Halahhh… Pokoknya buat bongkar tuh rak aja (kira2 ada 4 atau 5 rak) gue dan Matthias butuh waktu 5 jam! Bete bangetlah gue Weekend itu, harusnya waktunya gue buat ngepak barang2 gue, Ehhh malah waktunya di abisin buat ngebongkar rak yang udah karatan itu. Karena udah karatan parah gitukan, jadi haru extra ati2 juga bongkarnya.

Emang sih salah gue juga ya karena nggak terlalu teliti pas serah terima apartemennya itu, tapi gue nggak nyangka aja kalo bakal serepot ini. Tapi seenggaknya gue sekarang belajar satu hal: Jangan pernah ambil barang dari penghuni lama yang kita belum tau kalo kita bakal bener2 bisa pake atau nggak. Karena biasanya itu barang cuma nangkring di gudang kita aja dan pas kita mau pindahan barulah kita yang repot.

Jadi kalo dipikir2 tuh lebih enak punya penyewa yang rewel kayak penyewa apartemen baru gue ya. Istilahnya terima bersih, keluar juga harus bersih gitu… Semua2nya juga di cek-in satu per satu, jadi nggak ada tuh yang namanya masih ada barang/sampah ketinggalan di belakang rak yang ada di gudang. Tapi seperti yang gue bilang sih, semua salah gue juga karena guenya nggak terlalu teliti pas serah terima kuncinya. Jadinya ya kerjaan gue banyak deh pas mau pindahan. Gue nggak mau complain sih cuma mau share aja…Seenggaknya gue sekarang akan lebih teliti lagi kalo mau masuk apartemen baru.

Doain ya semoga pindahan gue lancar nih… 😀 😀

Getaggt mit , , , , , , , , ,

31 Gedanken zu „Sang Penyewa Apartemen

  1. rianamaku sagt:

    Wah kala masih ada barang ex pemilik lama harganya jadi mahal ya…?
    Met sibuk sibuk ya plus semoga semuanya lancar…

  2. Arman sagt:

    emangnya rak nya gede ya? kalo gak kan bisa langsung dibuang aja tanpa dilepasin. hehe.

  3. jampang sagt:

    beda sama penyewa rumah di sini…. masuk bagus, keluar rusak dan tinggal pergi aja

  4. Ira sagt:

    semoga lancar yaa shinta pindahannya 🙂

  5. Clarissa Mey sagt:

    moga lancar yah Shin pindahannya 🙂
    masi mending mmg penyewa apartemen yg rese itu, jadi masuk bagus dan keluar bagus, yg sewa happy, yg penyewa jg happy 😀
    kalo disini kasian pemilik rumah / apt yg disewakan, masuk bagus, keluar udah berantakan ga karu2an.. kadang listrik dan air udah diputus krna yg nyewa disana ga sanggup bayar *hadehh repotnya ituloh* belum klosetnya suka dibikin tersumbat sama pembalut, bener2 kapok deh sewain rumah, dapetnya ga seberapa, biaya perbaikinnya lebih mahal *pengalaman pribadi, maap jadi curhat* hahaha

    • Makasi Meyy… Waduhhh iya itu sih repot ya… Yang ada malah jadi rugi. Disini soalnya ada uang jaminan gitu, kalo kitanya macem2 ya uang jaminannya nggak dibalikin pas pindah. Terus kalo macem2 bisa di tuntut juga… Ribet tapi sebenernya jadi sama2 enak ya buat kedua belah pihak 🙂

  6. Angel sagt:

    Jadi berberes 2x deh ya, jadi nyarang di pojokan kalo ga kepake.
    moga2 lancar deh ya pindahannya 😀

  7. nyonyasepatu sagt:

    semoga lancar semuanya pindah2an dan gak ada yang rusak2 barangnya hehe

  8. cerita4musim sagt:

    jgn lupa tumpengan kl udah pindah ya hahaha lebih repot lagi :))

  9. zilko sagt:

    Bener juga ya. Awalnya mungkin mikir lumayan dapat beberapa peninggalan lama siapa tahu berguna. Eh kalau nggak dipakai juga justru akhirnya malah bikin masalah…

    Anyway, mudah-mudahan lancar pindahannya 😀

  10. diandiw sagt:

    lancar-lancar ya pindahannya 🙂

  11. jendluvu sagt:

    shintaa.. gw pernah bngt tuh ngerasain ribet.nya pindahan.. di singapore juga gt.. ada 1 sheet gt berisikan peralatan rumah tangga. jadi dia bakal tick semua barang yg ada di dlm rumah itu. kalo pas di balik-in yg di tick ga ktmu. deposit kita bisa di potong atau bahkan harus nambahin uang renov juga. dulu parah bgt sihh. kita pernah rusakin knob pintu dapur, curtain rusak gara housemate piara kucing dan cakar2 curtain sama sofa. haduhh. pusing bngt dulu. haha.. tapi yah skrng kalo di look back lucu2 juga si. soal.nya kan went thru bareng temen2 yg lain. hehe.. goodluck ya pindahannya. =)

  12. adiphi sagt:

    Semangat yaa pindahannya!! Smoga lancar!! 😀 ntar bagian unpack barang d apartment baru jg smangat yaaa 😀 *sambil ngaca liat rmh sndri brg suami dr dorm dr awal taun blm smua ke-unpacked* ahaha…

  13. Marialc sagt:

    Semoga lancar yaa nanti pindahannya. Kmrn pas sewa apt aku jg kayak gitu cuma ga terlalu detail2 banget sih. Jadi ditulis barang apa aja yg ada di dalem apt dan kalau pas keluar ada yg rusak paling dipotong dari uang jaminan. Tapi dengan kayak gitu kan kita sebagai penyewa jadi harus lebih tau diri dan ninggalin tempatnya harus sama kayak pertama kali masuk donk 🙂

  14. winnymarch sagt:

    paling repot klo pindahan apalagi ngepak ama beres2in barang.. semoga lancar jaya mbak e pindahannya

  15. Kayanya orang2 di Jerman nih senang bangett ya pindah2 rumah *termasuk saya* hahaha 3 tahun disini sdh 3x pindahan 😀 .

Kommentar verfassen

