All About My Job

Dari kecil gue tuh pengennnn banget banget punya bakery sendiri. Sekarang masih pengen sih tapi kalo bisa buka cafe biasa atau resto juga nggak nolak. Hehe… Sayangnya gue tuh orangnya nggak terlalu berani ngambil resiko yang gede. Kalo kerja kantorankan selalu di gaji tiap bulan ya, sedangkan kalo usaha sendiri tuh pendapatannya jadi nggak tetep. Kalo untungnya gede sih nggak nolak, tapi kalo rugi gimana??

Tapi kali ini gue nggak mau cerita tentang cita2 gue yang masih jauh itu. Gue mau cerita tentang gimana gue terdampar di perusahaan gue sekarang dan ngapain aja kerjaan gue disini. Mudah2an nggak bosen ya bacanya…

Departemen „Research and Development“

Kenapa gue bisa temdampar di dunia bakery??

Seperti yang udah gue bilang kalo cita2 gue tuh pengen banget buka bakery sendiri. Nahh… Pas gue udah mutusin ambil jurusan food technology pas kuliah, gue langsung liat donk jurusan apa aja yang gue bisa perdalam disana. Jadi tuh kalo di sini kuliahnya 6 semester. 3 semester pertama namanya Grundstudium (= basic study period) dan 3 semester berikutnya namanya Hauptstudium (= main study period). Di Grundstudium ini kita belajar tentang semua hal untuk bekal Hauptstudium nanti. Pokoknya di tahap ini kita masih dapet berbagai macam pelajaran nggak penting kayak matematik, fisika dasar, kimia dasar, dll. Hehe yang dimaksud nggak penting disini adalah pelajaran dasarnya tuh ngejelimet banget banget, padahal pas di Hauptstudium atau di kerjaan tuh nggak kepake2 banget. Di tahap Grundstudium ini banyak banget lho yang nggak lulus dan akhirnya di DO. Sedihnya banyak banget yang di DO gara2 nggak lulus ujian matematik, padahal kerjaan kita tuh nggak terlalu berhubungan sama matematik. Tapi untungnya saya lulus 😀 😀

*Balik ke cerita awal*

Nahhh pokoknya pas liat ada jurusan bakery technology gue tuh udah semangat banget, karena gue emang agak terobsesi sama dunia bakery ini. Pas semester 4 itu gue dapet pelajaran yang namanya teknologi pangan dan disitu gue baru nyadar kok susah ya?? Haha… Pelajaran yang paling ngejelimet banget buat gue dan itupun gue bisa lulus ujiannya gara2 hoki aja. Nahhh.. Pas di semester 5 kita boleh nentuin fokus kita tuh mau kemana. Nahh… Gue agak dilemma nih… Di satu sisi gue mau banget ambil bakery technology tapi disisi lain gue takut nggak lulus. Tapi akhirnya gue tetep nekat ambil bakery technology dan gue sekarang nggak nyesel ambil jurusan itu. Karena jurusan itu jugakan gue bisa kerja di kantor gue sekarang 😀 😀 Jadi deh gue sekarang bisa kerja di perusahaan bakery di Jerman sebagai Food Scientist.

Ngapain sih kerjaan gue???

Kerjaan gue itu mengembangkan dan ngetes berbagai macem raw material. Jadi awalnya gue akan ngembangin raw materials baru atau yang udah ada barengan sama kita punya supplier. Enaknya tuh jadi sering jalan2 ngunjungin supplier dan diajak makan2 gitu. Hehe… Nahhh kalo udah nemu raw material yang tepat gue akan tes di kita punya laboratorium. Kalo tesnya di laboratorium positif gue akan terusin tesnya di pabrik. Makanya gue sering banget dapet tugas keluar kota, karena di jerman kita punya 12 pabrik. Enaknya yaaa bisa sering jalan2 gitu. Hehe… Nahh kalo tesnya positif baru deh suppliernya bisa ngirim barang ke kita (tapi kalo harganya oke juga lhooo). Yang nggak enakinnya tuh kalo kerja di pabrik puanasnya minta ampun. Maklum juga sih namanya juga pabrik roti, pasti ovennya dimana-mana ya… Dan cuapenya tuh minta ampun, karena seharian harus jalan dari ujung sampe ujung pabrik. Apalagi pabriknya gede2 lagi… Haha. Pertama kali harus kerja dipabrik gue langsung jatuh sakit lho, sampe demam gitu. Rese banget dehh…

Selain itu gue juga sering ikut2 seminar tentang raw material yang berhubungan dengan bakery. Biasanya yang ngadain tuh institut-institut gitu atau suppliernya sendiri. Sering juga gue harus dateng ke pameran2 yang berhubungan sama dunia bakery untuk tau tentang perkembangan diluar sana. Sekalian bersilaturahmi sama supplier-supplier kita, karena biasanya mereka punya stand gitu disana.

Kalo ada masalah sama raw material di pabrik yang salah pasti departemen gue. Haha… Makanya kita juga harus nyari akar masalahnya dan cari solusinya juga. Ini kadang yang bikin pusing, soalnya sering kali masalahnya itu sebenernya bukan sama raw materialnya tapi kadang sama mereka punya mesin atau program atau apalah… Tapikan kasih masalah ke departemen lain tuh paling gampang ya 😀

Sebenernya itu aja sih kerjaan gue… Banyak di kantornya untuk nyelesaiin dokumen-dokumen, banyak di laboratoriumnya untuk tes kita punya raw material, banyak nyetirnya karena kemana-mana pasti naek mobil, banyak di pabrik juga dan banyak tidur dihotelnya juga. Ini nih yang gue nggak terlalu suka. Awal2nya gue malah nggak bisa tidur. Hehe…

Dan yang paling enakin itu adalah gue bisa bawa punya roti2 dan kue2nya ke rumah GRATIS. Haha… Lumayan irit lhoo… Apalagi si pacar tuh seneng banget makan roti (maklum orang jerman), jadinya dia nggak usah beli roti lagi dehhh 😀 😀

 

Getaggt mit , , , , , , , ,

39 Gedanken zu „All About My Job

  1. Wuihihi roti gratisssss…

    Saya juga dari dulu cita-citanya pengen banget punya toko kue sendiri, tapi ga bisa buatnya bisanya makan doang,, caranya gimana ya… Hahaha *ngayal*

  2. nyonyasepatu sagt:

    mauuu juga dong roti gratis haha

  3. Raw material itu apa aja kak Shiiinn? Beneran ga tau sm skali loh aku.

  4. rianamaku sagt:

    Wahhhh mantap tapi resiko besar juga ya sin secara tempat kamu adalah penentu ya makanan itu layak atau tidak, btw raw matetial mencakup apa aja…..?
    aku tau pasti gerah banget ya kerja dekat oven tapi kalau musim dingin kan enak anget pluss dapat roti gratis sedap itu…

  5. rianamaku sagt:

    Wahhhh mantap tapi resiko besar juga ya sin secara tempat kamu adalah penentu ya makanan itu layak atau tidak, btw raw matetial mencakup apa aja…..?
    aku tau pasti gerah banget ya kerja dekat oven tapi kalau musim dingin kan enak anget pluss dapat roti gratis sedap itu…

  6. cerita4musim sagt:

    Aha…ur task reminds me of my friend’s job di Indofood.

  7. mariskaajeng sagt:

    wah ngitip dari foto sepertinya kamu kerja di Golden Toast ya, Shin 🙂 keren ih kerjanyaa..

    kalo toastbrot dimasukin kulkas emang bener ga cepet jelek ya, Shin? Aku sering banget buang-buang toast brot karena jarang sarapan dan ga nemu packung yang isi sedikit. sayang banget ya 😦

  8. diandiw sagt:

    Dibagian jalan-jalan dan makan gratisnya itu enak yaa shinn, hahahaha. Eh tp hebat bgt yaaa kerjaan lo, jdkan nutrisi yg ada di itu roti tergantung sm hasil analisis lo kann, risky bener, hebat! Semoga segera dimudahkan jalannya untuk buka bakery, di jakarta kalau bisa, heheee

  9. jampang sagt:

    sepertinya bagian jalan-jalan, diajak makan, dan bawa roti gratis itu yang paling menyenangkan 😀

  10. JNYnita sagt:

    Kok seru yaaa? Klo di Indonesia nama jurusannya teknik pangan ya? Dulu sempet mikir2 mau jurusan itu & klo ga salah adanya di Unpad, tp sm ortu dimintanya masuk fk atau fkg, hehehe..

  11. rintadita sagt:

    aaaahh asik banget kerjaannya Shinta 😀

  12. Clarissa Mey sagt:

    wah enak ya Shin kayanya kerjaan kamu kalo sering ketemu supplier dan jalan2 gitu 😀
    aku juga suka kerja yg banyak mobile nya biar ga bosen liatin dokumen hahaha 😛

    • Iya… enaknya kerjaannya bervariasi gitu. Kadang di Kantor, kadang di lab, kadang keluar kota. Tapi kalo lg keluar kota terus suka pusing juga, soalnya dokumennya jadi nggak selesai2. Haha

  13. Angel sagt:

    Seru tuh kalau banyak jalan2nya 😀
    Penasaran sama raw material & cara ngolahnya, g orang awam ribet gitu bayanginnya :))

  14. Breldine sagt:

    Wahh kalau aku yang kerja disitu, satu bulan berat badan bisa naikk makan roti dapet gratis trus hihihi..
    Eh tapi kurus juga ya kalau jalan trus , apalagi pabriknya gede..
    Kamu enak yaa tiap hari bisa nyium wangi roti yang baruu, wanginyaa roti yang baru itu kan enakkk hehehe

    • Haha dulu waktu awal kerja disini timbanganku juga baik terus. Hehe… Iyaaaa rasanya tiap pagi nyium bau roti tuh enak banget.. Dulu gue sempet magang di perusahaan ikan gitu. Waaaa itu amisnya bener2 nusuk dehhh… Hehe

      • Breldine sagt:

        Hahahahha. Tapi bau amis nya sudah cukup adilkan terbalaskan dengan wangi roti dikerjaan sekarang hehe. Jadi penasaran kerjaan kamu kaya gmna, main main di lab ngetes ngetes ya? Buat post nya dong hehe

      • Iyaaa… sekarang seneng banget kalo pagi2 nyium bau roti Yang baru jadi gitu 🙂 Next time diceritain lebih Detail lagi ya 😀 😀

  15. zilko sagt:

    Wah, seru juga ya kerjaannya, mengetes makanan gitu. Mana baliknya dapat roti gratis lagi, lumayaan banget, hahaha 😆 .

  16. […] PS: Untuk lebih tau tentang kerjaan gue bisa dibaca disini. […]

Kommentar verfassen

