Awas Copet!!

Hayooo siapa diantara kalian yang pernah di copet?? Gue sendiri pernah 3 kali kecopetan, satu kali di Jakarta dan 2 kali di Jerman. Padahal kata orangkan di Jerman tuh aman ya… Mungkin karena itu juga gue jadi kurang hati-hati dan akhirnya malah kecopetan deh… Kejadiannya sih udah lama banget, yaitu pas tahun-tahun pertama gue di Jerman.

 

dilarangcopet3

Foto: nicookada.wordpress.com

Yang pertama kali sebenernya bukannya kecopetan sih, tapi gue ninggalin dompet gue gitu aja di meja makan dan abis itu ngeloyor pergi gitu aja. Pas sadar kalo dompet gue ilang, ya gue balik lagi ke itu restoran. Sayangnya dompetnya udah nggak ada. Itu kejadiannya beberapa hari setelah gue nyampe Jerman. Yang bikin gue sebel bukannya ilang duitnya (karena emang duitnya nggak banyak. Hehe) tapi didompet itu banyak banget foto2 kenangan-kenangan gue yang gue bawa dari indo. Dan semuanya lenyap… Huhu…

Yang kedua kalinya itu pas gue ulang tahun. Jadi pas gue ulang tahun yang ke 19, gue dapet voucher buat beli sepatu gitu. Ya udahlah ya gue sama koko gue Shopping beli sepatu. Nahhh… Pas gue nyoba2 sepatu gitu, gue tinggalin tas gue di sebelahnya koko gue. Karena keasyikan ngobrol sambil liat2 n nyobain sepatu kita berdua nggak nyadar kalo tas gue ada yang ambil. Pas udah mau bayar kita baru nyadar kalo tas gue ilang. Waktu itu gue panik bangetlahhh karena duit beli sepatu ada di tas, paspor gue juga ada di tas, kunci rumah, hp, dompet, buku2 pelajaran, dan barang2 penting lainnya.

Pas nyadar kalo tas gue ilang, gue langsung lapor polisi dan ngeblokir gue punya kartu bank. Trus kebesokannya langsung ngacir ke Frankfurt untuk bikin paspor baru. Pokoknya tuh ribet banget dahhh… Akhirnya sejak Saat itu gue jadi extra lebih hati-hati untuk jaga barang gue. Puji Tuhan sampe sekarang nggak pernah kejadian lagi sih… Amit2 juga… Hehe

Beberapa bulan sejak kejadian itukan gue kenalan sama Matthias dan sejak itu gue jadi lebih hati-hati lagi. Si Matthias itukan polisi ya, jadi dia tuh orangnya hati2 bangettt… Contohnya bukan cuma gimana dia jaga barang kalo lagi pegi tapi juga cara dia milih apartemen. Sejak gue kenal sama dia tuh gue nggak boleh punya apartemen di ground floor tapi minimal harus di first floor (tanpa balcony) atau kalo ada balconynya second floor. Pokoknya kalo lebih tinggi lebih bagus dahh… Nah guenya yang gempor ya naek turun tangga. Haha… Di sinikan jarang ada apartemen yang pake lift. Atau kalo gue mau pegi itu semua harus di tutup, termasuk jendela juga, Bahkan kalo bisa barang2 berharga di umpetin. Pokoknya dia serba hati2 deh… Karena tuh dia dulu kerjanya mengintai orang2 mencurigakan gitu… Dari mulai pencopet, orang yang maling rumah, sampe orang2 yang jualin narkoba. Jadi dia lumayan banyak pengalaman di bidang itu. Kalo kita lagi jalan2 di kota pas Weekend pastikan rame banget ya, pasti Matthias langsung wanti2 gue untuk jaga barang dan dia juga ikut waspada. Haha… Dasar polisi ya… Tapi ya sejak itu gue juga nggak pernah yang namanya kecopetan lagi 😀 😀

Kalo denger cerita2 dia gimana cara orang nyopet disini atau gimana kerja maling rumah disini tuh lumayan bikin takjub lho… Kayak nggak di Jerman aja… Padahal kayaknya di indo lebih parah ya, bisa pake hipnotis segala. Disini sih biasanya pake cara tipu2 gitu. Kata Matthias sasaran yang paling empuk tuh orang2 asia, apalagi turis cina. Kalo orang2 asia tuh kecil2 ya, jadi kalopun mereka ketangkep pas lagi nyopet, kebanyakan orang asia nggak terlalu bisa membela diri. Secara orang asia jauh lebih kecil dari si pencopet. Atau kalo turis2 cina gitu biasanya bawa duit cashnya tuh banyak banget dan mereka nggak bisa bahasa inggris. Nahhh… Jadilah mereka itu jadi sasaran empuk si pencopet. Si pencopet bisa dapet duit banyak dan si turis cina nggak bisa ngapa2in deh…. Di depan polisi juga si turis cina nggak gitu bisa kasih laporan lengkap, karena banyak dari mereka nggak bisa bahasa jerman atau bahasa inggris.

Trus kalo penipu2 gitu juga sering banget ngibulin oma2 gitu. Kakek nenek di Jerman kann kebanyakan tinggalnya sendiri ya, kebanyakan dari mereka tuh nggak tau tinggal sama anaknya. Jadi banyak orang2 jahat yang suka nipu mereka. Apalagi nenek2 yang udah tua banget dan rada2 pikun gitu. Trus si penipu pura2 jadi temen cucunya yang mau pinjem duit dan mereka bisa dengan mudah dapet duit dari tuh nenek. Nahhh yang nyedihinnya itu kalo si nenek sadar dia abis ditipu, bisa2 mereka jadi stress dan akhirnya meninggal karena stress lhoo… Kasiannn 😦

Untungnya sekarang Matthias nggak kerja sama orang2 yang jahat itu lagi, tapi dia kerja di bagian forensics. Kalo denger certia2nya sih kayak di film2 CSI gitu ya. Haha… Main2 sama Fingerprint, DNA, pokoknya gitu2 dahhh… Tapi kehati2annya tetep ajaaaa… Hehe… Kadang tuh suka merinding sendiri kalo Matthias lagi ceritain gimana orang2 jahat itu kerja… Dan itu kejadiannya di Jerman lho, negara yang lumayan terkenal dengan keamanannya. Gimana didaerah2 lain yang emang terkenal nggak gitu aman ya??

Adakah dari kalian yang pernah ngalamin hal2 kayak gitu???

Hati2 ya semua… Kejahatan tuh ada dimana2 🙂

Getaggt mit , , , , , ,

51 Gedanken zu „Awas Copet!!

  1. adhyasahib sagt:

    saya dan suami beberapa bulan yang lalu juga kecopetan, untungnya sih bukan tas tenteng yang biasa saya bawa, tapi ceritanya itu saya dan suami mau masuk ke supermarket, di roma ini gak ada tempat penitipan barang jadinya kalau mau masuk ke swalayan trus kita bawa barang dititipinnya di kasirnya itu, nah kebetulan baru selesai belanja di swalayan satunya lagi jadi barang dititip dulu pas kelar belanja mau ambil tas yg dititip tadi malah hilang entah kemana, kasirnya juga gak tau di ambil siapa, cape deh,,

  2. JNYnita sagt:

    Waah.. Klo di Indonesia yang dicopet malah warga negara sendiri, yang turis kayaknya malah disayang2.. *atau gak berani*
    Hoho.. Seru tuh forensik kayaknya.. Aku tertarik ambil s2-nya atau spesialisnya (tp yg spesialis di Indonesia belum ada), tapii hidup itu pilihan ya jadi gambling juga ketertarikan ini dieksekusi beneran atau nggak.. 😦

  3. oomguru sagt:

    yaahhh, mbak.. namanya orang kalo liat duit.. nggak di jerman nggak di pondok gede, sama aja.. tetep ijo. *lol

    btw salam kenal yah 🙂

  4. Untungnya di Jerman aku belum pernah kecopetan 😀 jangan sampai deh, mungkin krn aku juga tinggal di kota kecil jd angka kriminalitasnya kecil.

    Shin para penipu atau tukang copet di Jerman nih apakah rata2 orang asing? bisa jd mereka para pengungsi jangan2 ada yg berprofesi jd pencopet atau jual obat, aku pernah liat liputannya di tv.

  5. jampang sagt:

    alhamdulillah, belum dan jangan pernah deh.

    tapi kalau dipalak atau ditodong pernah

  6. Arman sagt:

    puji Tuhan sih so far belum pernah kecopetan. amit2, moga2 gak pernah dah ya. 🙂
    emang kita harus lebih ati2 sih ya.

    gua pernah hp gua jatoh di disneyland. tapi akhirnya ketemu dan dikirimin ama disneylandnya ke rumah gua.
    pernah juga hp jatoh pas main transformers di universal studios, dan untungnya juga ada yang nemuin dan dibalikin. hahaha.

  7. nyonyasepatu sagt:

    amit…amit…jangan sampe hehehe

  8. diandiw sagt:

    alhamdulillah ga pernah kecopetan dan jangan sampe deh yaaa.
    emang mesti waspada setiap saat deh, apalagi di jakarta tingkat kriminalitas kaya makin bikin geleng-geleng kepala banget. yang dihipnotislah, dibunuh cuma gara-gara hp lah, dsb.

    untung banget ya punya pacar polisi, tingkat waspadanya berkali-kali lipat 🙂

    • Iya… kalo baca atau denger cerita tentang jakarta tuh nyeremin banget ya… Gara2 hal sepele banyak orang yang di bunuh. Huhu… Kayaknya nyawa orang tuh nggak ada artinya.

      Iya… Ada untung ruginya sih. Hehe.. Kadang2 tingkat kehati2annya terlalu over. Hehe *jadi curcol* Tapi sebenernya bagus gitu sih, jadikan bisa menghindari hal2 yang nggak diinginkan. 😀

  9. Aku pernah kecopetan hp sekali wkt masih kuliab dulu. After dari situ kapok dan langsung hati2 banget. Di oz sini juga sama kok shin banyak maling juga. Apalago didaerah tertentu yang banyak anak kuliahan dan asian people nya. Nah waktu awal pindahan kita diwanti2 ama tante buat selektif pilih apt. Lantai harus min di lt 3 dan bener kaya matthias bilang jangan pake balcony dll. Dan harus super hati2. Tapi semogalah kita selalu aman dan gak kecolongan ya. Kesian itu yang oma2nya shin. Kadi inget kata bang napi yang acara di RCTI dulu dia bilang “ kejahatan terjadi ya karena ada kesempatan juga“

    • Iya… Kalo aku atau matthias nyari apartemen, si matthias pasti ngeliatin banget, bisanya nggak tuh maling manjat ke atas. Sebenernya ada balcony gpp sih, asal di lantai atas aja.

      Iya… Semoga kita selalu dijauhin dari hal2 kayak gitu ya 🙂

  10. Clarissa Mey sagt:

    Puji Tuhan belom pernah kecopetan Shin, tapi temen2 n sodaraku byk yg kecopetan di bus kota, atau di jembatan penyebrangan.. amit2 deh aku jg paling serem kl denger org jahat kerjanya gimana2..
    wah barutau kalo pacarmu polisi, seru yah bisa denger cerita2 ttg kriminal hahaha 😛

  11. adiphi sagt:

    Sy prnah kecopetan hape d bandung.. Mana wktu itu blackberry baru beli sebulan.. Sakit ati banget dah T__T kejadiannya dirumah mode wkt lg milih2 baju sm temen.. Padahal hapenya didalem tas loh tp ga kerasa tbtb uda ilang aja.. Pas liat d cctvnya bener aja dipepet ibu2 gt ambl hp dr tas abs itu lgs ngeloyor aja dia keluar rmh mode… U___U“ tp abs kena kejadian gt pastinya lebih ati2 yaa kmana mana tas dpelukin trs skrg apalagi kl dtmpt rame..hahaha..

    • Iya kalo ditempat rame gitu emang kita bisa jadi sasaran empuk ya… Apalagi kalo lagi asik milih2 baju. Hehe… Suka kelupaan dehh… Biasanya matthias deh tuh yang suka stand by buat jagain tas gue dari belakang. Haha…

  12. rintadita sagt:

    dulu waktu di pasar tas ransel pernah disilet, padahal di tas ada dompet sama kunci mobil tapi untungnya ditaruh di kompertemen dalem jadi gak ilang. Yang ilang malah tempat pensil, tapi sedihh siih tasnya jadi sobek. Abis itu kalo bawa tas ransel apalagi di tempat rame selalu ditaruh depan 😀

    • Hehe untung cuma tempat pensil ya yang ilang. Kalo dompet atau kunci mobilkan repot banget jadinya. Iya.. Kalo di tempat rame tuh tas harus di jagain banget. Mata meleng sedikit bisa2 barang kita di dalam tas udah ilang 🙂

  13. Felicia sagt:

    Gw pernah kecopetan sekali di TA, waktu baru datang ke jakarta dari sby. Yang nyesek surat2nya itu lho, apalagi ada STNK motor kan. Untuk bikin ulang, mesti kirim motornya dari sby ke malang dulu buat gesek nomer rangka ama mesin, trus dikirim balik ke sby….ribetttt dan nyusahin banget 😦

    Kalo disini gw juga waspada lho, biar pergi bentar/deket antar jemput skul gw pastiin semua jendela dan pintu terkunci, kebiasaan di indo sih…hehe…soalnya orang sini suka nyante aja ga dikunci, mobil parkir juga ga dikunci. Udah gitu ntar di koran ada berita kemalingan lah, barang dlm mobil ilang lah, mungkin berasa aman2 trus kale 😛

    Oia, kalo pilih apt alasan napa ga boleh lantai dasar? gw pikir kalo lantai dasar malah enak ada apa2 cepet lari ga usah naik turun lagi.

    • Lu naik motor dari sby ke jkt??? Gileee… Iya itu mah ribet banget ya…

      Iya… Matthias nggak suka kalo di lantai bawah. Katanya dia gampang dimasukin maling. Si maling bisa masuk lewat jendela gt. Katanya si jendela rumah tuh gampang dibukanya… Makanya dia selalu nyari apartemen yg paling nggak di lantai 2. biar aman… Hehe

  14. neitneit sagt:

    Dulu waktu jaman kuliah gw pernah ampir kecopetan di eskalator, ada 2 cowo yang berdiri di belakang gue agak2 mepet gitu. Kebetulan gw pas lagi pegi rame2 sama temen2, jadi yang dibelakang si pencopet itu adalah temen gw juga, yang ada si pencopet dijitak sama temen gw trus mereka pura2 langsung jalan cepet turunin eskalator. mau dikejar sama temen gue tapi mereka larinya cepet. dasar pencopet.
    Kejahatan selalu ada di manapun selama ada yang namanya Kesempatan. Waspadalah waspadalah :p

  15. jendluvu sagt:

    puji Tuhan sihh ga pernah kecopetann.. amit2. jngn sampe dehh.. huu.. wahh.. keren bngt yahh cowo lu ituu. haha.. dulu gw suka bngt nonton CSI. sampe cowo gw bilang gw freak. demennya pelem bunuh2an. hahaha. mungkin makin gede negara.nya kan makin canggih tuh orng2.nyaa. jadi kalo komplotan2 orng jahat gt bisa makin bnyk kali yaa.. jadi inget si film Taken. hauhaua..

  16. Angel sagt:

    Untungnya ngga pernah sih. amit2 deh.
    Itu forensik belek2 mayat gitu juga dong Shin? kebanyakan nonton drama criminal nih gua :))

  17. Shintaaaa ya ampun si Matthias mirip banget sama Mike. Mike itu juga hati2 abis termasuk hati2 online, hati2 di jalan (ikutan ngelaporin segala kalo dia liat ada orang buang sampah sembarangan dari mobil — ampe detali2nya juga) dll. Soalnya dia kerja di District Court Shin jadi transcriber jadi dia juga suka ceritain gue modus operandi orang kriminal dll, serem bangettt

    • Haha iya emang kalo orang yang kerjanya berhubungan sama yang gitu2an jadi dibawa2 kekehidupan sehari2 ya… Bagusnya sih gue jadi berasa aman kalo pegi sama dia. Haha… Dia yang jagain tas gue soalnya. Haha..

      Iya kadang gue juga suka serem sendiri gitu… Padahalkan jerman termasuk negara yang aman ya… NZ juga kann?? Tapi kalo diceritain kayak gituan kadang serem juga

  18. fanhar sagt:

    duluuu pernah kecopetan waktu di indo, gara2 pake tas punggung (masih sma).
    sekarang sih gak pernah, moga2 gak akan deh, paling credit card fraud, tapi untung duitnya diganti heheh

  19. winnymarch sagt:

    aku pernah hilamg hp di medan 2x kak 😦

  20. Di italy kayaknya paling parah copetnya, gw pernah liat dengan mata kepala sendiri di depan gw ada org lagi di copet, dipepet ber3 aja gitu, gw mw nolongin tapi jiper juga wong lg jalan sendirian jg disana, entar kalo pd balik arah ke gw ..repot kan.

    Btw kyknya di NZ yang bisa dibilang salah satu negara aman, gw ketinggalan tas di halte bis, sejam kemudian gw balik lagi masih ada loh disana, lengkap selengkap2nya. Trus temen ada yg keilangan hp di bus di Christchurch. Udah pasrah sampe ke Jakarta lagi sekitar 2 mingguan kemudian ada yg tlp dia bilang nemuin hapenya dan mau dibantuin kirim ke Jakarta. Amazing deh…

    • Iya italy emang terkenal sama pencopetnya ya… Kalo ngeliat gituan emang lebih baik diem aja, daripada ntar kita di apa2in. Cuma matthias pernah ikut2an ngejar tuh, padahal lg ngak kerja. Dasar polisi. Hehe

      Wahhh keren bgt ya d NZ. Banyak orang2 jujurnya. Hehe..

  21. Membaca postingan ini teringat pengalaman di Koelner Dom… hati hati kalau jalan-jalan kesana.. seperti saran mbak Shinta dan pak Polisi Matthias *hehe, selalu waspada dan berhati hati…

Kommentar verfassen

