Ikea Jakarta

Gue sih belom pernah mampir ke Ikea Jakarta. Hehe gimana mampirnya juga kalo gue tinggalnya di Jerman. Tapi gue jadi ikut semangat karena sering denger gimana antusiasnya temen-temen dan keluarga gue nungguin Ikea Jakarta dibuka. Dan akhirnya yang ditunggu-tunggu itu buka juga, tepatnya tanggal 13 Oktober kemaren.

Beberapa temen gue semangat banget untuk dateng ke Ikea walaupun harus rela berdesak2an dan nyari parkiranpun pake ngantri. Cici gue sih yang tinggalnya nggak jauh dari alam sutra masih mau nggak mau, karena katanya ruameeee nya minta ampun. Hehe… Di indo tuh emang kalo ada sesuatu yang baru langsung di serbu ya…

 

Ikea_main%20story

Sumber: thejakartapost.com

Di Jerman sebenernya nggak beda jauh sih. Kalo weekday sih ikea lumayan sepi dan kitapun bisa leluasa liat-liat barangnya. Kalo lagi weekend apalagi pas awal bulan, wuiii jangan ditanya deh ramenya. Kadang bisa nggak kedapetan tempat parkir juga. Gue sih baru ngerasain sekali doang nggak dapet parkir di Ikea, yaitu Ikea Köln-Godorf. Di Ikea-ikea yang lain sampe saat ini selalu dapet tempat parkir tuh… Tapi Ikea kan udah 40 tahun ada di Jerman, jadi bukan sesuatu yang baru lagi.

Gue sendiri penggemar berat barang-barang Ikea. Kalo mampir ke apartemen gue tuh udah kayak Ikea lagi Open House deh… Haha… Nggak dari keset depan apartemen, dapur, kamar mandi, ruang tamu sampe kamar tidurpun ampir semuanya tuh dari ikea. Hehe… Abis menurut gue ikea tuh murah dan modelnya keren2. Paslah sama selera dan isi dompet gue 😀 😀

Pertama kali beli barang2 di ikea itu buat kamar kosan gue dan gue berhasil dengan cuma 350 Euro atau kira2 Rp. 4,2jt (dulu kan 1 euro = Rp. 12rb) ngisi penuh kamar kos gue. Dari tempat tidur, kasur, lemari baju dan sampe meja belajar. Itu murah banget!!! Di toko2 jerman lain pasti harganya lebih mahal. Ada sih satu toko namanya P*CO yang lumayan murah, tapi menurut gue model dan kualitasnya lebih jelek daripada Ikea. Tapi ini selera pribadi lho ya… Gue kenal juga beberapa yang suka dan ampir selalu beli barangnya di P*OCO. Tapi gue sih tetep setia sama Ikea.

Selain suka sama barang2nya, gue juga suka banget sama makanannya, kayak swedish ballnya yang terkenal itu, hot dognya disini harganya murah banget atau dessertnya. Pokoknya enak-enak dah dan murah lagi… Hehe nggak heran kalo restonya penuh terus 😀 Apalagi kalo punya ikea family bisa dapet kopi gratis dan sepuasnya! Asikkann???

Nahhh pas cici gue bilang kalo ikea disini tuh lebih mahal daripada di Jerman, gue jadi iseng nyoba nyari2 di internet dan ternyata harga2 ikea di Indonesia emang ada juga di internet. Jadinya gue sok-sok nyamain dehh… Ternyata bener lhoo lebih mahal, contohnya gue beli lemari kaca gitu disini harganya 189 Euro (x Rp. 15rb = Rp. 2,8 jt), sedangkan di ikea indonesia 4jt. Bedanyakan lumayan tuh ya…

Tapi sebenernya ada baiknya juga ya jadikan toko2 kecil nggak kehilangan pelanggan juga ya… Soalnya kalo ikea semurah kayak di Jerman atau jadi toko furniture termurah di indo, bisa-bisa pengusaha-pengusaha kecil jadi gulung tikar.

 

 

 

Getaggt mit , , , , , ,

52 Gedanken zu „Ikea Jakarta

  1. cerita4musim sagt:

    sejak ikea buka di Jkt emang gw kepikiran jg sama toko2 pernak pernik rumah buatan lokal, pasti mereka kebat kebit juga tuh…but anyway ternyata ikea Indo gak murah2 jg, so ya pasti langganan tahu bakal milih shopping dimana 🙂

    Ikea cuman 5 km dari rumah gw Shint, lumayan buat lunch murah meriah dapat salmon :p

    • Iya.. untung harganya nggak murah2 banget ya, mudah2an dengan gitu para padagang lokal nggak gulung tikar.

      Haha… 5 km mah bisa naek sepeda ya.. Dari tempat gue juga lumayan deket, naik mobil cuma 10-15 menit. Hehe

  2. Arman sagt:

    Gak yakin juga ikea bisa bertahan di Indo kalo harganya gak bersaing. Soalnya labor rate di Indo kan murah, bikin furniture di tukang furniture kan gampang dan murah di Indo… Gak ngerti juga target market nya gimana. Nanggung menurut gw. High end enggak, tp gak murah juga. Hehehe

  3. Feli sagt:

    barang2 di ikea alsut (alam sutra) sebenarnya di impor atau local made sih?

  4. JNYnita sagt:

    Semoga Ikea spt make-up Korea, di negara asalnya murah banget, di sini jd mahal.. Haha.. Kasian industri kecil soalnya.. *Walau setiap ngintip brosur Ikea & rumah yang ada barang Ikea-nya mupeng juga* haha..
    Ikea jauh niiih dari bekasiii… Entah kapan bs intip2nya..

  5. Jadi kangen sm IKEA, disini mah ga ada haha. D malaysia jg IKEAnya ga murah2 amat sih… gw skrg berangan2 aja cepetan buka dong dsini hehe

  6. adhyasahib sagt:

    aku juga suka ke ikea soalnya murah,,walaupun belinya yang kecil-kecil aja tapi seneng juga liat-liat barang yg lain walaupun gak dibeli,, hehe

  7. IKEA emang selalu buat nagih ya Shin hihihi. barang2 di apartemenku juga mayoritas beli disana. klo kata Chicco dari yang penting sampai hal yang gak penting tapi penting pasti ada di IKEA dan buat para wanita beli. ahahahahah aku juga kaget liat harga IKEA jakarta harganya 2x lipat dari harga sini atau Sg atau di US. cuma bener kata kamu ada bagusnya juga jadi pemerintah tetep ngelindungin para pengusaha (furniture) lokal kita agar tetap bisa survive tapi tetep harus dibarengin kualitasnya juga si ya. kadang suka kualitasnya yaa so-so juga si.dan yesss meatball IKEA emang enak banget si ya tapi sayang banget gak bisa makan yang di us kmren itu sempet kemakan 1x trus dikasihtau chicco itu ada b2 huhuhuhu coba kalau gak dikasihtau hajar terus. dan disini juga sama ada kandungan b2 jadii terpaksa aku suka buat sendiri deh :p

    • Iya… Kalo udah beberapa bulan nggak ke Ikea tuh rasanya ngangenin gitu. Hehe… Iya nis… swedish ballnya emang nggak halal. Hehe… Kalo di luar negri tuh emang harus hati2 ya kalo makan di resto.

  8. joeyz14 sagt:

    Belum pingin ke Ikea…walauoun deket dari rumah…apalagi kalo mahal.
    Aku sendiri belom pernah ke Ikea manapun…tp kata adikku di US Ikea ga terlalu bagus produknya

    • Itu selera ya…. Aku suka sih model2nya di Ikea. Emang kualitasnya bagus2 amat. Tapi disinikan harganya murah, jadi menurut ak kualitas dan harga seimbang. Kalo dengan harga di indo kayaknya ak juga bakal mikir2 untuk beli di Ikea. Apalgi harus ambil barang sendiri n pasang sendiri juga lagi.

  9. kurisetaru sagt:

    Kak, gue malah penasaran pengen cepet-cepet pindah ke Belanda biar bisa ngeborong peralatan dapur di IKEA Amsterdam. Habis kalo disini kan ngetopnya Ace Hardware tuh (lebih milih Ace daripada IKEA karena IKEA kejauhan bok), peralatan dapurnya pengen diborong banget!!! Pas ngeliat perbandingan harga antara IKEA Eropa sama Indonesia kok jadi berasa kemahalan gitu ye yg Indo punya. Udah gitu kira2 orang sini bisa masangnya gak yah, kan di Indo kurang banget semangat Do It Yourself gitu2 hehehe.

  10. shintadaniel sagt:

    Aku nunggu sampai IKEuphoriA-nya kelar deh baru mampir kesana. Yang pasti resepnya musti bikin list barang yang mau dibeli kali ya, supaya nggak kalap, hahahaha… Semahal-mahalnya Ikea Jakarta, tetep lebih mahal beli di Sg or KL menurut aku, karena ekstra tiket pesawat, hotel dan kawan2nya kan nggak murah juga hihihihihi…..

  11. Clarissa Mey sagt:

    gw tertarik ke ikea pengen salmon asap sama swedish meatball nya Shin, kalo perabotannya belom butuh kali ya jadi belom tertarik liat2 ahahaha
    asli masih rame bngt, temen kampus gw ada yg kerjanya di Mall Alsut dan siang2 suka main ke IKEA cm ngecek kondisi ramenya kaya apa, sampe seminggu stlh grand opening masih penuh setiap saat tuh ikea hahaha
    gw lebih suka furniture custom yg pesen sm tukang gitu sih daripada beli2 pabrikan gini, bener juga pertimbangannya kasian org2 kecil dan lagi lebih murah kok kl beli custom 😀

    • Haha kalo menurut gue salmon asapnya biasa aja di Ikea. Soalnya gue pernah magang di perusahaan ikan beneran sih. Jadi berasa kurang sedep salmon asap di Ikea. Hehe…

      Iya… Biasa banget ya orang indo, kalo ada sesuatu Yang baru buka langsung di serbu. Hehe… Penasaran berapa lama ya bakal rame kayak gitu…

      Disini tuh kalo pesen sama tukang gitu harganya bisa 10 kali harga Ikea kali… Nggak sanggup bayarnya mey… Hehe

  12. Maya sagt:

    Hehehe akhirnya emang IKEA jadi buka juga tuh, dan sampe gak berani dateng dulu Shin, soal katanya ruameee banget. Aduh bisa semaput deh.
    Jujur, aku yang nunggu2 IKEA buka buat beli sofa jadi agak kecewa liat harganya ternyata gak murah murah banget, mahal malah. Bener kata ko Arman, jadi gak jelas konsepnya IKEA di Indo sini gimana, barang knock down harga high end. Mesti rakit & angkut sendiri pula. kalo mau di rakitin dan di delivery sampe rumah kena charge lagi sekitar 480ribu.
    Kemaren pas mau beli sofa sampe di tahan2in, tante aku di Singapur juga bilang tunggu IKEA aja soalnya barangnya pasti murah2 eh ternyata paling murah sofa 3.5 juta itu masih bisa dapet di Informa dengan beda harga 1 juta lebih murah di Informa.
    Jadiii kalo ke IKEA nanti mau nyobain swedish meatball nya aja deh 🙂

    • Hehe… Iya akhirnya Yang ditunggu2 buka juga ya mbak 🙂 Kayaknya kalo dengan 3,5jt bisa dapet Sofa yang kualitasnya lebih bagus daripada Ikea ya mbak may… Tapi aku kurang tau sih gimana harga sofa2 di tempat Yang lain. Hehe

      Iyaaa swedish meatballnya enakkk… Hehe

      • Maya sagt:

        Kalo 3,5 juta sih bikin sendiri udah dapet kualitas bagus Shin.
        Dulu di pikir IKEA bisa lah dapet 1,5 juta atau 2 juta lah. Soalnya liat di web nya yg Singapur ada yang aku taksir harganya cuma SGD 339 ternyata di Indo jadi 8.5 juta. Iiih mahal bener jadinya. Mereka jual sofa paling murah ya 3,5 juta. Itu juga bukan sofa kalo selihatan aku sih.

      • busett serius dr SGD 339 jadi 8,5jt?? Widihhh banget banget itu… Iya mening bikin sendiri mbak may… Hehe…

      • Maya sagt:

        Iya serius Shin. Makanya aku juga kaget kok bisa sampe semahal itu. Wah aku gak tau tuh laku apa engga secara sofa mewah merk DaVinci (yg hi-class) aja segituan yang murahnya 😀

  13. jendluvu sagt:

    sama shinn.. di singapore juga Ikea penuh kalo lagi lunch / dinner time doangg buat resto.nya. ahhaha.. tapi klo mau liat2 barang sihh ttp harus weekday klo mau sepii.. iya tuhh. gw kmrn di kasih tau temen gw kalo harga ikea. jauh melambung dr yg di singapore. bener kata si ko arman sii.. ga tau bs tahan lama apa nggak. since nanggung2 gt. haha.. jngn2 end up.nya cuman sisa ikea restaurant lagii.. hehe.

  14. Angel sagt:

    gua nemu meja yg skrg gua pake di singapur dan akhirnya bawa sendiri tu meja ke indo :)) udah cari2 di informa sini harganya mihil. pas ke ikea sg liat murah bener, ya udah deh beli aja :))

    kalo yg di indo.. nunggu sepi aja deh =)) paling liat2 doang ato foto2 narsis :))

  15. zilko sagt:

    Iya, lagi heboh ya Ikea buka di Indo 😀 .

    Ah, iya banget!! Aku juga suka swedish meatball-nya IKEA. Itu enaak dan muraaaah!!! 😀

  16. Gw termasuk orang gila IKEA…hahahaha…
    oh I loooveee IKEA.
    Since the Jakarta opening, saya lagi norak-noraknya ke Ikea Alam sutera ini

    Udah 3x aja loh semingguan inih..errr

  17. Berhubung posisi eike jaih, jadi ga bisa ke IKEA deh.. trus liat komen penjelasan di atas ttg harga tak sebanding dengan kualitas, aku kok jd males ya ci.. Haha mana jauh dari rumah di Jkt, lebih males lagi 😛
    Sejauh ini aku masih demen Carrefour ci, yah atasnya dikit LotteMart deh hehehe

  18. Angela sagt:

    Hi Shinta! Thanks for stopping by at my blog.

    Bener harga IKEA di Indo nggak murah, tapi kalo menurutku sih dia mau menyaingi Informa. karena harganya juga sekitaran harga Informa. Dan bisa juga harganya jadi mahal karena import tax-nya.

    Mudah-mudahan sih bertahan ya di Indo, karena barangnya lucu-lucu. Dan tempatnya fun banget buat dikunjungi. Minggu lalu gue ke sana sama Madeline, free playground aja buat Madeline, semua sofa dicobain, semua ranjang dilompatin, semua stuffed animals dipeluk-peluk, hehehe…

  19. rianamaku sagt:

    Wah penasaran mau lihat kaya apa ikea itu….

  20. Waaw baru tahu setelah baca postingan ini kalau IKEA sudah buka di Jakarta. Yang pertama kali terlintas dalam benak saya adalah mau jadi apa para perajin dan ukm sektor meubel di Indonesia. Negara sebesar Jerman saja berhasil di monopoli sama korporasi asal Swedia ini. karena terus terang IKEA menjadi satu satunya pilihan ketika kita membutuhkan furniture yang murah namun berkualitas. IKEA oh IKEA…
    luar biasa postingannya mbak Shinta,. sukses selalu.
    salam !

Kommentar verfassen

