Pandangan Orang Bule tentang Budaya Indonesia

Sejak gue tinggal di Jerman, gue jadi lumayan sering dong denger pandangan2 orang tentang Indonesia.

1. Makan, Makan dan Makan

Hehe… ini sih celotehannya si Matthias. Dia selalu ngegerutu kalo kita sebagai orang indonesia tuh keseringan makan. Nggak di Indo, nggak di Jerman… Jadi waktu pertama kali Matthias ke Indonesia itu ya kita sering banget di ajakin makan. Nyobain resto ini, nyobain resto itu… Baru sejam lalu makan gede, ehhh sekarang nyobain cemilan baru. Gue sih seneng2 aja *perut karung*, tapi matthiasnya yang kelabakan. Masalahnya dia tuh juga laper mata, tapi perutnya kenyang. Haha…

Kalo gue pegi sama temen2 indo gue juga isinya ya makan-makan. Haha… Orang Indonesia emang cinta makan ya… Apa itu gue doank??? ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

2. Terlalu sopan

Orang Jerman tuh selalu bilang gue terlalu sopan. Bahkan bos gue pernah marah2, katanya gue harus belajar untuk lebih ‚kurang ajar‘. Hayooo… padahal untuk ukuran orang indonesia, gue ini termasuk yang ‚kurang ajar‘ lho… Maksudnya kurang ajar disini tuh, gue selalu berusaha untuk ngungkapin pendapat gue ke semua orang. Iya… Termasuk ke orang yang jauh lebih tua dari gue. Kalo gue punya pendapat lain, biasanya gue selalu bilang. Nahh… keterus-terangan gue ini selalu di artikan negativ sama kebanyakan orang indo. Semua komentarnya pasti karena gue udah kelamaan di Jerman. Padahal gue dari kecil selalu gitu… Kalo keluarga gue sih udah biasa, tapi kadang tante/om gue sering ngegerutu gitu. Hehe

Menurut orang jerman tuh, orang asia sopannn bangettt… Nggak kayak orang jerman yang selalu terbuka apa adanya.

3. Makanan kita aneh2

Gue inget banget, pas pertama kali gue mau ngundang temen2 kantor gue ke rumah gue, ada satu kolega yang nyeletuk: „Tapi jangan kasih kita makan ceker ayam ya…“ Haha… Sampe sekarang gue masih ngakak lho kalo inget kejadian itu. Soalnya mereka pernah gue ceritain, kalo gue suka makan ceker ayam.

Trus ada lagi cerita… Ada satu temen kantor gue yang kita tuh sering hang out bareng. Pertama kali gue ngundang dia makan dirumah tuh gue nanya: „Ada makanan yang nggak lo makan nggak?“ trus diaย malah jawabnya: „Hmmmm… Sebenernya gue cuma nggak makan ayam dan ikan. Tapi… tergantung lo mau masak apa“ dengan tatapan takut2 kalo gue masak yang aneh2. Hahaha… Lagi2 gue cuma bisa ketawa ngakak dengernya.

Ternyata orang jerman tuh selalu takut disuruh nyobain yang aneh2 ya…

4. Murah *kebanyakan* Senyum

weihnachten

 

foto gue juga ramahkan??? ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

Ada beberapa kenalan gue yang nanya: „Orang asia itu tuh murah senyum, karena mereka beneran baik atau mereka cuma munafik???“

Hahhh… Sedih nggak sih dengernya???

Gue sih waktu itu berusaha untuk jawab secara netral. Kalo gue orangnya termasuk terus terang. Kalo gue suka sama orangnya ya gue akan ramah ke mereka dan kalo gue nggak suka ya biasanya gue tetep ramah tapi sambil berusaha jauhin aja. Gue nggak suka ribut soalnya… Kalo gue emang harus kerja bareng sama orang yang gue nggak suka, gue selalu berusaha tetep ramah tanpa basa basi lebih lanjut. Menurut gue itu bukannya munafik, tapi profesional.

Nah… Gimana dengan orang2 yang bekerja di kawasan turis?? Gue dan matthias pernah ke bali bareng. Harus gue akui perlakuan mereka ke turis lokal dan turis internasional emang beda. Kalo sama turis internasional itu mereka lebih banyak basa basi, lebih murah senyum, lebih sopan, dll… Kalo ke turis lokal tuh kayaknya perlakuan mereka seadanya aja. Gue yakin kebanyakan dari mereka pasti mikirnya kalo turis internasional itu banyak duitnya dan mereka kalo kasih tips juga jauh lebih banyak dari turis lokal.

Tapi apakah itu namanya munafik??? Kalo menurut gue ya… itu masih termasuk profesional. Kalo dengan extra ramah mereka bisa dapet uang tips lebih, kenapa nggak?? Merekakan emang digaji untuk itu…

Dulu gue juga pernah kerja di McDonalds jadi kasir dan gue selalu berusaha ramah ke semua pengunjung. Entah itu yang emang baik, atau yang rese sekalipun. Gue tetep ramah ke mereka. Temen2 kerja gue pada bingung kenapa gue bisa kayak gitu?? Yaaa gue cuma bisa bilang: Gue kan emang digaji untuk melayani mereka. Jadi ya gue harus ramah sama mereka… Bukannya itu namanya profesional??

Intinya buat orang Jerman ya kita orang asia itu ramah2 dan murah senyum…

5. Boros kalo soal makanan

Gue nggak tau sih ini cuma berlaku buat gue dan keluarga gue, atau emang kebanyakan orang indonesia gitu. Gue dari kecil udah diajarin untuk selalu irit, tapi nggak ke makanan. Hehe… Jadi keluarga gue tuh kalo mau beli barang pasti mikirnya bener2. Tapi kalo soal makanan selalu nggak pake mikir.

Hal ini sampe sekarang masih keterusan di gue. Kalo gue mau beli barang, pasti gue mikir dulu. Apa barang ini bener2 penting dan gue butuh. Walau kadang ada kalanya gue emang boros sih. Hehe… Nahh… tapi kalo ke soal makanan gue sih nggak pake mikir lama2. Kalo gue mau beli makanan apa ya gue langsung beli. Hehe…

Si Matthias sering banget negur gue dalam hal ini. Karena bisa di bilang 30-40% dari gaji gue ya buat pegi makan. Hahaha…

Hayooo ada yang mau nambahin??? ๐Ÿ˜€

Getaggt mit , , , ,

72 Gedanken zu „Pandangan Orang Bule tentang Budaya Indonesia

  1. dani sagt:

    Kalo sama orang jepun sih makanan kita dibilang eksotis. Trus kita dibilang punya perut yang liar biasa kuat. Hahahaha. Orang ekspat jepang yang pertama kali dateng indonesia di tempat kerja sebelumnya selalu dicobain makanan padang belakang kantor dan mereka diare sehari ato dua hari. Bukan karena makanannya ga bersih tapi cabe dan bumbu yang ekstrim kalo buat ukuran orang jepang.

  2. JNYnita sagt:

    Aku tipe orng yg gak bs basa-basi jg, tp berhubung di Indonesia itu orangnya ‚apa2 dirasa dan jadi hal yg sensitif‘ jdnya ya ati2 deh.. Klo ada yg gak suka ya diem aja, tp klo ditanya ya jawab seadanya..
    Yg terakhir jg tuh.. Keluargaku utk beli barang iriiiiiit bnget, tp klo soal makanan loyal.. Aku sih mikirnya krn aku susah makan.. ๐Ÿ˜€

  3. Aku n chicco juga doyan makannn , iduppp makan!! Dan aku suka banget ceker! Pas belanja dibsupermarket aku nanya ada chicken feet gak dan mereka nanya balik “ what for u looking it?“ Dengan mimik aneh ahahahah. Fotomu cantik deh Shin ๐Ÿ™‚

  4. adejhr sagt:

    aku kurang suka ceker. hehe dan sama kalau soal makanan ngak bisa irit ๐Ÿ˜€

  5. Lorraine sagt:

    Orang Indonesia (Asia) awet muda

  6. joeyz14 sagt:

    Aku banget tuh shin…boros kalo soal makan… eh tp benee ya shin kita itu ramah2 pdhal utk ukuran indo kita mah dah jutek…

    Fotonya cantikkkk

  7. lovelyristin sagt:

    eh aku malah suka bingung milih makanan, kuliner, soalnya macem2 emang kuliner indo tuh.. dari mulai yg tradisional sampe makanan yg baru2, penuh kreatifitas.. bangga deh hihihi..

  8. oppie83 sagt:

    bener banget, kita doyan makan!! dan kalo udah rame rame makan pasti foto foto….yg terakir gue dah ga pernah lagi soalnya mau foto sm sapa coba? hahaha. gue sih kasian aja sm orang eropa yg kuliner nya itu itu lagi…snack nya yah gitu gitu aja. ya ga sih?

  9. fee sagt:

    Mereka jujur sekali sih kalau senyum, hatinya juga ikut senyum. Coba dibilang senyum bikin awet muda ya? Blogwalking salam kenal..

  10. bhellabhello sagt:

    Nomer dua setuju banget, shin. Padahal aku di Solo terhitung cablak dan „galak“ karena terlalu blunt.

  11. Rizqi Fahma sagt:

    Thank God, ngga ada pandangan soal kemalasan orang Indonesia. Atau gimana, mbak Shinta, gimana pandangan orang bule soal itu?

  12. Ira sagt:

    emang gampang luluh ya kalau nemu makanan….akupun gitu shita

  13. Christa sagt:

    Iya banget yg nomer4, aku dulu pas kuliah di inggris kerja di Burger King jadi kasir, langganan menang best upsize krn sukses nawarin bule2 buat upsize paketnya bermodalkan senyum manis! ๐Ÿ˜€ hihihi. Saingan terberatku waktu itu org Filipin, cantik, ramah juga. Kalo org lokal mah kerjanya males2an.. Hehe

  14. MiaMichaelaa sagt:

    I wonder why speaking up our opinion considered as rude :/
    Aku juga kalo sama ortu kalo beda pendapat juga langsung bilang (sometimes nahan diri supaya suasana ngga jadi ngga enak sih), most of time lah… Lol
    Aku juga tipe yang mikir2 kalo beli kecuali kalo urusan perut sama buku wuahahahahaa
    Orang Asia terlalu banyak tanya… Pernah denger komplain ini gara2 resepsionis nanya kesan pesan, apa ada komplain, butuh apa, dll dari tamu hotel haha

  15. Mario sagt:

    Kalau katau orang bule sih, orang Indonesia bisa berbahasa Indonesia.
    hehehe.. he.. he..

  16. zilko sagt:

    Yang dua pertama itu bener banget! Hehehe ๐Ÿ˜€ .

    Ada salah satu profesorku yang pernah 3x ke Indonesia dalam rangka kerjaan dan cerita, begitu acara harian selesai seperti biasa makan malam kan. Nah setelah itu dia diajakin lagi keluar. Dia ngira paling diajakinnya minum ke bar ato kemana gitu ya (yg mana jarang ada sebenarnya, haha ๐Ÿ˜› ), eh dia kaget ternyata dia diajakin makan lagi. Mana makanannya makanan full pula, hahaha ๐Ÿ˜› .

    Kalau yang kedua juga aku ditegur kalau aku terlalu sopan, hahaha ๐Ÿ˜† . Dan ini beneran bukan pujian loh, karena mereka bilang kalau terlalu sopan itu kadang bisa menjadi bumerang juga untuk kerjaan kita, hehe ๐Ÿ™‚ .

  17. No.1 bener banget. Suamiku juga bingung gitu pas di Jakarta, dan nanya knapa makan melulu ya hehe.
    No.2. Jujur apa adanya, jd waktu kapan aku masak, eh suamiku bilang ga enak, cuma makan sedikit. Nyeebelin banget pdhl aku sdh bela2in masak disela2 kesibukan ngurus anak.
    No.3 aku juga sukaa ceker.. kata orang sini aku aneh hehe.

    pandangangan lainnya „orang asia kalau jalan2 lebih mentingin moto2. Pengennya pergi ke tempat terkenal aja 5 menit potret pergi dah, ke tempat berikutnya, begitu strsnya,“

  18. cerita4musim sagt:

    Love your pic, cantiknyooo

  19. denaldd sagt:

    Aww!! Shinta Cantiikk ๐Ÿ™‚ Kata suamiku, kekeluargaannya orang Indonesia tinggi, saking tingginya sampai seringkali tidak menghormati yang namanya privacy. Terlalu ingin tahu ini itu ๐Ÿ˜€ *istilah masa kini KEPO haha

  20. Vari Sapi Lucu (The Traveling Cow) sagt:

    iya aku jg setuju diatas, org indo itu terlalu pengen tahu. Segalanya musti dibahas. No privacy bgt bener tuh, even sampe di ktr aja suka ngobrolin masalah pribadi bgt. saking keponya kdg ada kecelakaan dijalan aja semua org ngerubungin, bukan nolongin, tapi motret2 en ngeliatin doang.

  21. rianamaku sagt:

    Sin cantik fotonya…

    Soal orang jerman yang suk ngomong apa adanya benar buanget kadang bikin shock tapi setelah itu ya udah.
    Kata kawan aku orang indo terlalu care…

  22. Felicia sagt:

    Yang nomer 2 itu, bbrp waktu lalu pernah diskusi rame2. Kalo di indo jaman dulu dikasih tau ortu, anak2 banyakan disuruh nurut aja dan nunduk sebaiknya ga ngeliat balik, ntar dikira kurang ajar. Sedangkan kalo disini lagi dikasih tau mesti eye contact…hehehe….
    Fotonya cakepppp ๐Ÿ™‚

  23. Evita sagt:

    Haii shinta.. ๐Ÿ™‚

    untung gak ada pandangan org indo sering ngaret kalo janjian yah. hahahaha.. :p

  24. Mey Clarissa sagt:

    Shin fotonya cantik ๐Ÿ˜€
    berhubung skrg kerja nanganin org asing, setuju sama yg nomor 1 dan 2, boss gw juga bilang org indo pada kuat makan banget, dan gw sering dibilang terlalu sopan sama dia karena selalu nurut kalo dia suruh2.. well gw pikir kan mmg gw digaji utk kerjain perintah dia, tapi boss gw maunya kita saling kritik gitu, jadi kalo kerjaan dia ada yg salah gw juga harus bisa benerin.. serem lah ya hehehe
    kalo murah senyum n makanan aneh2 sih belom prnh denger, mungkin karena gw jutek sih pas kerja hahaha

  25. Shinnnnn gue sama sm lo! Dr kecil selalu dibiasain irit tapi kalo makanan gak boleh pelit… kebawa deh smp skrg, kl beli makanan boros banget huhuhu. Tapi emang dimakan sih.
    Kalo komen rata2 temen2 gw, Indonesian it food, chili, and obsessed with marriage hahaha (gr2 gw suka complain ttg org2 n pertanyaan kapan kawinnya… kmrn temen gue dateng ke housewarming aja, pulang2 komennya „Wah udh siap kawin loe“… cape deh!)

  26. Arman sagt:

    yang nomor dua itu kayaknya bukan terlalu sopan tapi suka sungkan ya.
    emang itu kelemahan orang indo. gua juga harus berusaha banget lho untuk bisa lebih speak up dan gak sungkan2. karena kalo sungkan2 mulu akhirnya rugi sendiri ๐Ÿ˜›

  27. Anglicious sagt:

    Fotonya cantikkkkk….

  28. Maya sagt:

    Soal makanan kayaknya kita emang lebih berani dan lebih kuat kayaknya Shin. Soalnya budaya kita kan beragam banyak makanan yang bisa di coba, dan asosiasinya makan=kekeluargaan.

  29. adhyasahib sagt:

    yg nmr 1 itu bener banget,suamiku kalo ke indonesia sampe bingung,setiap saat dimanapun dan kpnpun hanya makan,makan dan makan,dia sampe heran kenapa kita bisa makan terus,ibu mertuaku juga gitu waktu ke indonesia malah heran,kok kita banyak makan tapi badanya kecil2 ๐Ÿ˜€

  30. Yg nomor 1, kan ada pepatah Jawa bilang „mangan ra mangan sing penting ngumpul“ (makan ga makan yg penting kumpul) tapi kan ga seru juga ya kak kalo ga sambil makan ๐Ÿ˜› hehehe

  31. yance sagt:

    Ehh bener semua tuh sin yang ditulis elu…gua juga ngerasa kerjaan mikir ntar makan apa lagi ya…pengen nyoba2 makanan baru…

  32. winnymarch sagt:

    indonesia bgt kak ahhahahha

  33. IndoBanged sagt:

    orang indo baik baik loh diluar sana, seperti orang2 pilihan yang bisa keluar dari carut marut image didalam sini.. 10 dari 9 orang indo yg gua jumpa diluar, kepribadiannya oke semua..

  34. Bener banget gw juga gaji gw kebanyakan untuk makan. Trus gendut deh. Trus sendu. Trus makan lagi. Hahahhaha ๐Ÿ˜‚

  35. agung pras sagt:

    dulu saya pemandu wisata di solo dan jogja, pernah sekali dapet tamu dari jerman…
    yang bikin seru itu… ketika aku kurang disiplin. janjian ketemu jam 8.00pagi aku dateng telat 3 menit…wow… marah marah hehehehe… tapi dengan ajian semar mesem…alisan senyum polos sy akhirnya luluh juga itu bule jerman hehehebe… good story dech mbak….

Kommentar verfassen

