1st Holiday in 2015: Berlin, Prague and Dresden

Gue selalu sedih kalau udah mulai nulis tentang liburan di blog. Itu artinyakan liburannya udah lewat. Huhu… Tapi liburan kemaren itu nyenengin banget 🙂 Biasanya kalo liburan pertimbangan kita naik pesawat, kereta atau nyetir sendiri. Tapi kali ini kita mau nyobain sesuatu yang baru, yaitu naik bis.

IMG_3575

 

Foto di Terminal Bus Praha

Ide awalnya sih mau naik mobil aja, soalnya kita udah pasti mau liburan ke dua kota (Berlin dan Praha). Tapi setelah dipikir2 males juga buat nyetir jauh gitu. Liat2 tiket pesawat dan kereta juga nggak ada harga yang oke. Akhirnya iseng2 gue liat harga naik bis. Ehhhh… Ternyata murah banget lho. Awalnya agak ragu sih, tapi akhirnya kita nekat nyoba juga. Kita baca2 dulu perusahaan bis apa yang bisa dipercaya dan akhirnya kita mutusin buat pake flixbus. Flixbus itu perusahaan bis terbesar kedua di Jerman dan banyak artikel positif tentang perusahaan bis ini, jadinya kita mutusin buat naik FlixBus deh…

Dan ternyata emang oke kok… Kita nggak pernah tuh delay nyampe ketempat tujuan, yang ada malahan nyampenya lebih pagi dari yang dijadwalin. Trus di dalem busnya ada Wifi dan colokan buat ngecharge hp lagi. Lumayan bangetkan?? Hehe… Yang bikin pegel ya lama duduknya. Tapi kalo naik mobil juga harus duduk lama. Jadinya sebenernya sama aja… Mungkin dengan naik mobil kita bisa nyampe lebih cepet dan lebih fleksibel. Tapi ya dengan harga yang dibayar oke kok… Malah kalo di itung2 lebih murah daripada naik mobil 🙂 Harga bensin disini mahal bo!! 😉

1. Berlin

Dari Köln kita berangkatnya malem dan nyampe Berlinnya jam 6 pagi, setengah jam lebih pagi dari yang dijadwalin. Kita emang udah rencana lama mau ke Berlin, soalnya salah satu temen baik gue pas kuliah sekarang kerja disana. Tadinya mau kesana pas new year’s eve tapi si Matthias pas tanggal 2 januarinya masih harus kerja. Padahal kalo ke Berlin emang kita mau lanjut jalan-jalan di daerah timur. Secara jarang-jarang kita ke daerah sana, jadi ya dipuas2in. Hehe…

Dan rasanya seneng banget bisa ketemu Nadja lagi. Si Matthias pas nyampe Berlin masih tepar, karena dia nggak bisa tidur di bis. Jadinya pas nyampe di apartemennya Nadja, Matthias lanjut molor deh. Gue dan Nadja sih ngobrol ngalor ngidul gitu 😀 Abis Matthias puas tidur, kita sarapan bareng dan langsung keliling Berlin.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Berliner Dom

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Brandenburg Gate

Setelah kita puas keliling Berlin, nggak lama kemudian si Felix gabung sama kita. Kita berempat makan di resto indo 😀 Harganya murah bangetsss, tapi rasanya juga rata2 aja sih. Rasanya kayak masakan rumah gitu, jadi mening bikin sendiri 😀 Cuma disana ada es teler duren gitu dan es teler durennya uenakkkkk 😀 😀

Abis itu lanjut ngobrol ngalor ngidul di apartemennya Nadja dan kebesokannya kita melanjutkan perjalanan ke Praha.

2. Prague

Udah dari dulu gue pengen banget ke Praha. Banyak orang bilang kotanya cantik banget dan ternyata emang bener, apalagi didaerah kota tuanya 🙂 🙂 Kita berangkat dari Berlin sekitar jam 10 dan nyampe Prahanya jam setengah 3.

Karena kita nyampenya sore, jadi di hari pertama kita cuma keliling di kota tuanya sebentar, trus lanjut cari makan. Makanan khas Ceko hampir mirip2 sama makanan di Jerman, tapi rasanya agak beda dan porsinya lebih kecil. Hehe… Menurut gue sih rasa makanan di Jerman masih lebih enak. Soal harga juga ampir sama kayak di Jerman, mungkin lebih murah dikit. Cuma harga birnya aja yang murah 🙂

IMG_3569Pilsner Urquell

OLYMPUS DIGITAL CAMERAOld Town Prague

Pas lagi jalan2 menuju pusat kotanya kita nemuin Christmas Market aja lho 😀 Kemaren ini guekan sempet ngegerutu kalo natal kemaren nggak sempet ke Christmas Market sama sekali, tapi ternyata di praha masih ada Christmas Marketnya, komplit dengan pohon natal yang segede gaban. Bagus ya?? 😀

Nggak jauh dari sana kita nyampe di gedung city hallnya yang terkenal dengan ‚The Prague Astronomical Clock“. Jam ini termasuk jam astromoni ketiga tertua di dunia lho dan jam tertua yang masih berfungsi.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

The Prague Astronomical Clock

Abis itu kita lanjut ke arah charles bridge yang terkenal itu. Dari charles bridge ini kastilnya udah keliatan banget dan pemandangannya cantik banget 😀 Charles bridge ini letaknya tepat diantara old town dan kastilnya praha.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Kastil Praha

Abis puas jalan2 liat praha dimalam hari, kitapun balik ke hotel dan tertidur pulas. Ternyata capek juga ya jalan2 seharian. Hehe…

Pagi2nya setelah sarapan dihotel kita lanjutin perjalanan keliling praha. Tujuan pertama kita adalah kastilnya yang kemaren malem udah kita liat dari jauh. Nemuin kastilnya gampang banget, secara dari jauh aja udah keliatan. Hehe… Dan ternyata emang megah banget…. Disana udah kayak kota sendiri gitu.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

St. Vitus Katedral

Pas masuk kedaerah kastilnya kita langsung di sambut sama St. Vitus Katedral. Kalo diliat2 modelnya lumayan mirip sama Kölner Dom, cuma Kölder Dom lebih gede aja. Hehe… Disana juga banyak banget yang bisa dikunjungin. Bahkan kalo kita punya waktu banyak bisa ikut tournya dengan audioguide gitu. Tapi kali ini kita mutusin buat jalan2 aja dan nggak terlalu detail liat2 kastilnya, karena kita emang nggak punya waktu terlalu banyak. Tapi jalan2 diluarnya aja udah cantik banget kok 🙂

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Akhirnya ada yang mau motoin kita 🙂

Pas udah capek jalan2, kita mutusin buat duduk sebentar di cafe sambil nikmatin indahnya Praha. Cafenya juga ada outdoor balcony gitu dengan pemandangan kearah old town praha. Cantik bangetttsss… Untungnya di balconynya itu ada heaternya gitu, jadi biarpun udara dingin tapi masih bisa duduk diluar.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Pemandangan dari cafe

Setelah puas istirahat kitapun ngelanjutin perjalanan lagi. Di kastilnya itu juga ada banyak banget museum2 aneh-aneh gitu. Contohnya toy museum:

muzey-igrushek-v-prage-

Toy Museum Prague – Foto diambil disini

Itu keliling daerah kastilnya lumayan lama lho… Padahal kita nggak masuk kedalem2nya. Kita cuma masuk ke gereja St. Vitus aja. Setelah puas jalan2 di kastil kita balik lagi ke old townnya dan jalan2 lagi disana.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Charles Bridge Prague

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Old town dari atas

Malemnya kita mutusin buat ikut tour kecil gitu tentang daerah2 misterius di Praha. Lucu sih kita jadi tau cerita2 mistis di daerah praha gitu. Hehe…

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Ghost&Legends of Old Town Prague

Setelah puas berkeliling Praha, kitapun kebesokannya ngelanjutin perjalanan ke Dresden.

3. Dresden

Sebenernya Dresden nggak masuk ke list jalan2 kita, walau gue juga penasaran sama kota cantik di Jerman timur ini. Gue sih lebih mau ke Dresden pas ada Christmas Marketnya, soalnya denger2 bagus banget… Tapi karena nggak ada bis yang langsung dari Praha ke Cologne, akhirnya kita mutusin buat mampir di Dresden.

Dan gue nggak nyesel lho udah mampir ke sini, karena emang cantik banget… Sayangnya kita cuma setengah hari disana, jadi nggak bisa liat banyak2 banget. Kita cuma jalan2 bentar di kota tuanya, abis itu shopping. Hahaha…

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Frauenkirche Dresden

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Katedral Dresden

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Katedral Dresden

Kebesokannyapun kita balik lagi ke Cologne. Perjalanan dari Dresden ke Cologne itu luamaaaa banget… 10 jam aja lho naik bis. Pinggang langsung pada sakit. Hehe

Tapi liburannya menyenangkan kok 😀 😀 Karena tahun 2015 ini kita awali dengan jalan-jalan, semoga emang ditahun ini kita dikasih rejeki buat jalan2 terus ya 😀 😀 Amin.

Advertisements
Getaggt mit , , , , , , ,

26 Gedanken zu „1st Holiday in 2015: Berlin, Prague and Dresden

  1. denaldd sagt:

    Sukaaa dengan foto kota tua dari atas. Seperti negeri dongeng dengan warna warninya. Ihh jadi ngiler lihat bangunan-bangunan yang bagus 🙂

  2. Arman sagt:

    Cakep cakep banget ya kota kota di Eropa itu… Bangunan nya juga keren keren. Trus itu Tour misterius nya jd ada serem sereman atau gak? Hehe

  3. cerita4musim sagt:

    gw jg suka sama Praha, kesana pas ada Xmas market di tengah2 alun2nya itu.

    Terus join tour yang mengenai Jews, padahal lagi winter tp gak berasa walaupun jalan kaki 3 jam an 🙂

    btw foto nya cantik2 Shint 🙂

  4. MS sagt:

    kalau di sana yang disebut kota tua itu bangunannya dari abad berapa?
    rata2 kota Eropa kan memang banyak bangunan tua ya, pasti aku bakalan senang banget ikutan denganmu ya .,

    aku selalu cari gedung tua kalau jalan ke mana pun, biarpun kadang cuma foto luarnya aja

    • Setiap negara kayaknya beda2 ya tahunnya, tapi biasanya yang dinamain kota tua itu adalah daerah2 yang pas perang dunia ke 2 itu nggak ancur.
      Aku juga selalu seneng liat2 bangunan-bangunan tua yang masih bertahan. Rasanya tuh takjub banget ngeliat karya2 jaman dulu dengan segala keterbatasannya tapi tetep bagus dan rumit 🙂

  5. Lorraine sagt:

    Kalimat pembukanya bener juga ya Shinta 🙂 Enak membuka tahun baru jalan-jalan. Aku suka Berlin & Praha. Belum pernah ke Dresden, bagus ya Frauenkirchenya

    10 jam dari Dresden ke Köln, lumayan lama juga ya.

    • Iya mbak yo… Mumpung masih ada jatah cuti, jadi jalan2 deh 🙂 Dresden katanya bagusnya kalo pas lagi ada weihnachtsmarkt.
      Itu 10 jam kalo naik bus ke Dresdennya, tapi kalo naik mobil mungkin 6 jam ya… Emang lumayan jauh sih, dari barat ke timur 🙂

  6. zilko sagt:

    Setuju banget. Ada sedihnya menulis posting tentang perjalanan liburan karena artinya liburannya sudah selesau 😦 .

    Ah, aku juga pengen banget ke Praha!!

  7. Itu itu es nya yang buat enak durennya kan ya? Hayo jujur… hahaha…

    Cakep banget Berlin, Praque dan Dresden… Semoga ada trip dadakan lagi… 🙂

  8. nengsyera sagt:

    Kastilnyaaaaa…bikin saya nganga 😮
    Keren banget,apalagi pas difoto dr charles bridge.
    Bangunan di eropa keren semua dan cukup terawat ya,beda sm disini,sisa peninggalan zaman belanda ga gitu terawat,klopun terawat pemandangannya udh engga indah lagi dan berhimpitan sm bangunan modern.

  9. kurisetaru sagt:

    Kak Shinta! Gue juga nanti mau liburan ke Dresden dan Praha. Kayaknya ngeliat foto2 ini jadi makin pengen…

  10. jendluvu sagt:

    WOAHH.. pengen ke prague.. =(.. hopefully bs kesaa secepatnya. ahahha.. ghost tour gt darimana shin? ahahha.. di tawarin orang local gt ?

  11. Messa sagt:

    Foto-fotonya cakep Shinta 🙂

Kommentar verfassen

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden / Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden / Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden / Ändern )

Google+ Foto

Du kommentierst mit Deinem Google+-Konto. Abmelden / Ändern )

Verbinde mit %s

%d Bloggern gefällt das: