Perihal Pulang ke Rumah

Buat gue yang tinggal jauh dari oranh tua kata ‚rumah‘ punya dua arti: yang pertama adalah apartemen yang gue tinggalin sekarang dan yang kedua adalah rumah orang tua di indonesia.

SONY DSC

Gambar di ambil dari sini

Kadang kalo gue nulis status di facebook: „home sweet home“ pas gue abis perjalanan dinas luar kota berhari-hari, orang2 jadi nanya panjang. Maksud gue itu rumah yang mana? Rumah gue yang di Jerman atau yang di Indonesia, soalnya mereka takut salah komentar. Merek takut yang ada gue jadi homesick. Hehe… Aneh ya? Padahal gue nulis itu emang karena gue seneng nyampe di apartemen gue lagi dan berleha-leha dirumah sendiri ๐Ÿ™‚

Ada cerita lain tentang rencana pulang kampung gue. Bulan depankan gue mau pulang kampung ya, jadinya pas akhir 2014 kemaren gue udah mulai nanya2, bisa nggak gue ambil cuti pas bulan februari. Bos gue dengan senengnya ngebolehin gue ambil cuti tanggal segitu, soalnyakan dibulan februari itu jarang yang ngambil cuti. Hehe… Gue sempet cerita2 ke kolega-kolega gue kalau gue mau ‚pulang‘ di bulan februari. Trus mereka pasti pada nanya, emang selama ini apartemen gue bukan ‚rumah‘ gue?

Lama-lamaย gue jadi mikir dan sadar kalo emang disinilah ‚rumah‘ gue. Apartemen kecil gue sekaranglah rumah buat gue dan kalau gue ke Indonesia itu ya gue cuma berlibur sambil jengukin keluarga gue. Kehidupan gue yang sebenernya itu ya di Jerman, bukannya di Indonesia lagi. Sejujurnya gue sendiri udah nggak bisa ngebayangin untuk hidup di Indonesia lagi… Bukannya sombong atau apa, tapi kalo sampe harus balik ke Indonesia lagi, artinya gue harus mulai dari nol lagi.

Belakang jadi suka aneh kalo sepupu-sepupu gue atau temen-temen gue yang di Indonesia nanya: „Kapan pulang??“ Hehe… Guekan pulang ke rumah tiap hari. Iya sih, kadang harus nginep di hotel kalo lagi dinas ke luar kota :pย Iya… Gue tau maksud mereka bukan kapan pulang ke apartemen gue, tapi kapan pulang ke Indonesia. Biasanya akan gue jawab kalo februari nanti gue akan berlibur ke Indonesia. Berlibur lho, bukannya pulang ๐Ÿ™‚

Tentang keputusan gue untuk menetap disinipun pro dan kontra-nya banyak banget. Gue sering denger komentar-komentar negativ dari orang-orang disekeliling gue. Padahal mereka nggak tau gimana susahnya juga buat gue untuk ambil keputusan ini. Gimana kangennya gue sama keluarga yang di Indonesia dan khawatirnya gue kalo ada apa-apa sama keluarga gue, sedangkan guenya jauh beribu-ribu kilometer dari rumah. Tapi masih banyak aspek-aspek lain juga yang jadi pertimbangan gue untuk menetap disini. Kalo keinginan gue sejalan sama kehendak-Nya, saat ini gue lebih memutuskan untuk tetep tinggal disini.

Tapi gue tau banget… Apapun keputusan yang gue ambil, gue nggak akan bisa nyenengin semua pihak. Pasti ada aja yang ngedukung gue dan ada juga komentar negativ. Jadi ya gue memutuskan untuk cuek aja dan jalanin aja ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ Mereka nggak perlu tau apa yang ada dipikiran gue dan pertimbangan-pertimbangan gue, karena mereka yang selalu komentar negativ itu emang nggak mau peduli juga apa yang jadi pertimbangan gue. Guepun cuma bisa merencanakan, sedangkan Dia yang memutuskan ๐Ÿ™‚ Siapa yang tau apa yang terjadi kedepannya… Hehe…

Happy Sunday semua!!!! ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

Getaggt mit , , , , , , ,

52 Gedanken zu „Perihal Pulang ke Rumah

  1. nengsyera sagt:

    Ga papa koq shinta klo mnurut aq bhwa rmh km ya di apartment jerman sana.
    Aq juga koq,lebih nyaman di kosan drpd rmh sendiri,jd plg ke rmh ortu ya emg kya skdr temu muka aja,tp klo mrasa ga nyaman pasti pengennya di kosan aja,menyendiri.
    Dan soal keputusan km menetap di Jerman,sah2 aja sih. Mrka yg menyayangkan mgkn menyangka km ga cinta negara indo,pdhl bkn itu kan?!
    Tetap aja selama2nya org indo tinggal diluar,mrka ttp koq orang indonesia dan ga mgkn lupa
    *kemudian dengerin lagu Tanah Air Beta
    ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

  2. JNYnita sagt:

    Kopdaaar… Colek member BEC yang lain.. Di Indonesia-nya lama gak Shin?

  3. Arman sagt:

    You are the only one who knows the best for yourself… Ya gak… ๐Ÿ™‚

    Gw kalo ngomong ke temen, kalo bilang mau ke Indo ngomongnya sih going back to Indo Tp gak blg going home. Kalo ngomong ama anak anak bilangnya kita mau Go on vacation to Indo. Emang ya kalo home itu tempat kita tinggal jd kalo skrg ya bukan Indo lagi ya.

  4. zilko sagt:

    Iya, kita nggak mungkin bisa menyenangkan semua orang. Jadi yang penting kita membuat keputusan yang menyenangkan diri sendiri saja kan. Be it tinggal di luar negeri atau tinggal di Indonesia, hehehe ๐Ÿ™‚ .

  5. kutubuku sagt:

    Sama! Aku pernah nulis soal ini. Merasa lebih „rumah“ disini, daripada di Indonesia walaupun disini hidup sendiri dan keluarga masih di Indonesia semuanya.

    Tiap kali pesawat landing di airport disini (terutama habis trip kerja yang pasti bikin capek dan kesel) serasa adem, udah nyampe rumah. Baik dari Indonesia pun, klo udah nyampe airport CPH rasanya udah lega. Aku bilangnya: Home is where the birds are (aku punya peliharaan burung ๐Ÿ˜› )

    • Iya mbak eva… Aku inget tuh tulisannya ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ Buatku juga skrg senyaman2nya rumah di indo tapi rumah sendiri tetep paling nyaman ๐Ÿ™‚ Apalagi semuanya hasil keringat sendiri ๐Ÿ˜€

  6. kutubuku sagt:

    Soal orang ngomongin, ah biarin saja. Udah lama aku udah belajar nggak perduliin apa kata orang. Biasanya justru yang paling ribut itu keluarga sendiri (bukan keluarga kita tapi relatives macem tante, om dst). Dulu sempet mami bolak balik ditanyain, eh gimana si itu (aku), kok anak bungsu dibiarin tinggal sendirian di Eropa. Lah mami gw aja ga ribet, kok jadi tante gw yang ribet??? Plisdeh.

    • Iya mbak… Kadang gemes aja dengerinnya. Aku juga lg belajar untuk nyuekin omongan2an itu ๐Ÿ˜€
      Btw orang indo dimana2 mirip2 ya… Keluarga sendiriku juga ga ribet, cuma sodara2 aja yg suka lebih ribet. Hehe…

  7. Agree… Emang kita gak bisa nyenengin semua orang…

  8. cerita4musim sagt:

    Cepet bgt Shint mudik 10 hari ๐Ÿ™‚

  9. denaldd sagt:

    beberapa waktu ini banyak yang sering nanya „berarti rumah kamu nanti di Belanda ya?“ aku jawab „Rumahku adalah dimana suamiku berada. Karena hidupku akan selalu bersama dia“ dan yang nanya langsung bingung musti jawab apa hahaha

  10. nyonyasepatu sagt:

    Asik mau pulang ke Indonesia ๐Ÿ™‚ bikin list makanan hehe

  11. people always say all short of thing/stuff just let them..enjoy your life Shinta..semoga apapun yang kamu putuskan memang itu yang terbaik dan yang ditetapkan Yang Maha Kuasa buat dirimu ๐Ÿ™‚

  12. eh lupa bilang happy mudik yaaaa (keburu kepencet send tadi digangguin bazyl -___- )

  13. Vari Sapi Lucu (The Traveling Cow) sagt:

    wah asik mudikkkk…iyah cuekin aja lah yg nanya2 „kapan pulang“, yg tau paling baik bwt hidup kita ya kita sendiri bukaangg…

  14. adhyasahib sagt:

    kalau aku dua2nya deh, mau di indonesia atau diroma sama aja, *maklum anak baru* ๐Ÿ˜€

  15. Lorraine sagt:

    Aku ngerti banget perasaan kamu Shinta. Walaupun udah hampir 20 tahun di Belanda, selalu ada yang nanya kapan pulang. Atau kalo aku liburan ke Indonesia, dibilang akhirnya pulang juga. Lah aku kan rumahnya di Belanda.

    Belum lagi ketemu orang yang bingung aku lama diluar negri tapi bahasa Indonesia lancar dan suka masak/makan makanan Indonesia. Waaaa.

    Cape ngeladenin yang begini Shin. Selamat liburan ya. Enjoy your stay there.

    • Iya mbak… Buatku indonesia itu emang kampung halaman, tapi rumahku ya di Jerman. Tapi banyak yang nggak ngerti, malah bilangnya aku sombong. Hehe serba salah ๐Ÿ™‚

      Wawww udah lama banget ya mbak, udah 20 tahun ๐Ÿ™‚

      Thanks ya mbak ๐Ÿ™‚

  16. jendluvu sagt:

    ikutan dongg kopdar! hahaha.. gw juga balik nih shin februaryy.. siapa tauu tanggalnya sama.. mine from 17-20 feb aja tapi.. =(
    ehh. sama bngt.. gw juga mikir gt sihh.. bingung bngt pulang ke indo itu harus ngapain.. udah temen2 disana juga ga gt banyak lagi.. huu..

  17. evy doloks sagt:

    aaahhh, gak kuat hidup di negeri orang aku shin … bawaannya kangen mulu. 2 minggu di UK aja udh kangen keluarga. kl pun harus stay lama, jgn sampai tahunan. tp mmg tidak semua orang dikasih kemampuan untuk survive. ada yang tahan (dengan berbagai pertimbangan), ada yang nggak (dengan berbagai pertimbangan juga). termasuk hebat deh shin bisa tahan tinggal di sana. anyway, home is where your heart is. mungkin shinta lebih menikmati di sana ya ketimbang di Indonesia. dan bener, kamu harus mulai dari nol lg kalau balik. whatever the consequence is, dimana pun kita ditempatkan asalkan kehendak Tuhan, pasti dimampukan ๐Ÿ™‚ . enjoy your home there, deh pokoknya ๐Ÿ™‚

  18. clashinta sagt:

    Kalo kata tante Sandy Patty.. „Home is where the heart is..“ ๐Ÿ˜ jadi, jangan dengarkan apa kata orang.. ๐Ÿ˜‰

  19. alrisblog sagt:

    Home? Ya dimana hatiku senang, adem tentrem dan gak ribet.

  20. alrisblog sagt:

    Home? Ya dimana hatiku senang, adem tentrem dan gak ribet. Beda ya dengan pulkam, hehe…
    Selamat berlibur ke Indonesia, tanah tumpah darah.

    (komentar pertama tadi gak masuk, yang ini nembus gak ya)

  21. Felicia sagt:

    Gw juga bahasain pergi ke indo liburan, secara anak2 udah lahir disini tar tambah bingung kalo bilang pulang kan mereka berasanya udah dari lahir disini….hehe….
    Anyway, emang ada aja yang nanya kapan pulang? yang penting kita tau sendiri aja maksudnya, males debat2 ๐Ÿ˜€

    • Iya ya… kalo bilang ‚pulang‘ ntar anak2 malah jadi bingung… Hehe… Sebenernya nggak terlalu dipusingin sih, tapi kadang suka ada yang nanya2 gitu, sebenernya ‚rumah‘ gue tuh dimana. Hehe…

  22. th3sea sagt:

    hmmm… gua juga sebutnya ke indonesia tuh pulang… ke luar negeri tuh kerja hihihi…
    eh tapi mungkin selama passport masih hijau alias passport indonesia x ya…
    kalo udah passport luar negeri, mungkin bilangnya ke indonesia itu liburan / nengok ortu.

Kommentar verfassen

