Persiapan Wedding Part 1

Beberapa minggu ini gue lagi mikir-mikir, dimana gue harus cerita tentang persiapan wedding gue yang sebenernya masih lama itu. Hehe… Tapi emang persiapannya udah di mulai lho ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ Sempet kepikiran buat bikin blog baru dan khusus cerita tentang persiapan Wedding gue. Tapi kok rasanya rada-rada males ya… Blog yang ini aja sering dicuekin, takutnya nanti malah keteteran ngurusin dua blog. Jadinya gue putusin untuk nulis disini juga. Jadi beberapa bulan kedepan mungkin gue bakal lebih sering cerita tentang persiapan wedding gue disini. Jangan bosen ya ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚

11

Gambar diambil disini

Jadi apa persiapan tahap pertama yang gue lakukan??

1. Budget

Ini nomer satu banget dehhh… emang sih blom fix banget Budget kita, tapi seenggaknya sekarang kita udah ada bayangan secara garis besar. Pembicaraan tentang Budget ini pastinya kita akhiri dengan cari-cari caraย supaya beberapa bulan kedepan gue dan Matthias harus lebih irit nih… Hehe… Apalagi kita tuh kalo Weekend demen banget menghambur2an uang untuk wisata kuliner ataupun jalan-jalan. Tahun ini kayaknyaย jalan-jalanynya dan wisata kulinernyaย mesti dikurangin. Karena biaya nikah tuh ternyata guedeeee…

PS: Sampe saat ini yang udah fix itu malah resepsi yang di Jakarta, itupun karena teror keluarga di indo. Hehe… Semua emang udah pada heboh banget resepsi gue indo. Maklum ya karena kakak2 guekan nggak ada yang ngadain resepsi di Jakarta. Jadilah mereka sekarang semangat 45 banget ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

2. Tempat

Nahhh… ini juga yang jadi pembahasan seru banget. Mau dimana nikahnya??? Jakarta? Jerman? atau dua-duanya??? Dengan berat di kantong kita akhirnya memutuskan untuk pesta di Jerman dan di Jakarta. Kenapa?? Karena kalo di itung2, ngadain resepsi di Jakarta itu masih aja lebih murah daripada ngeboyong seluruh keluarga gue ke Jerman. Hehe…

Jadi rencana kita adalah segala sesuatu yang berbau dengan dokumen2 penting (catatan sipil dan gereja) akan kita selesaiin dulu di Jerman dan di Jakarta cuma pesta aja jadinya. Dan puji Tuhan semua setuju sama usul kita ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

3. Kapan jadi nikahnya??

Sama pertanyaan ini gue juga udah mulai bosen… Baru juga di lamar, ehhh udah pada nanya-nanya kapan kita mau langsungin pernikahannya. Jujur di Jerman kita belum nyiapin apa2. Hehe… Tapi minggu depan kita udah bikin janji sama catatan sipil disini sih, buat konsultasi gitu. Karena guekan itungannya masih WNA, jadi ya pasti lebih rempong gitu… Untuk tau dokumen-dokumen apa aja yang dibutuhin dari indoย ya kita harus bikin janji dulu sama catatan sipil disini.

Rencananya sih mau nikah di catatan sipilnya itu akhir tahun ini dan nikah gereja, pesta di Jerman dan Jakartanya tahun depannya. Kenapa begitu??? Jawabannya karena gue mau ganti nama ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ Dari awal kita emang udah sepakat untuk punya satu nama keluarga. Jadi antara gue yang pake nama dia atau dia yang pake nama gue. Setelah diskusi panjang lebar, akhirnya kita mutusin kalo gue akan pake nama keluarga dia setelah kita nikah nanti. Sempet juga lho kita diskusi, gimana kalo Matthias yang pake nama keluarga gue. Kan keren yak jadi Matthias Darmawan?? Nama indo banget tapi tampang bule. Haha… Tapi setelah dipikir2, kasian sama bonyoknya Matthias. Secara nama Schmidt di keluarganya Matthias itu hampir punah, jadi Matthias harapan satu2nya untuk nerusin nama keluarganya itu. Karena kokonya dia udah ambil nama istrinya gitu. Jadilah akhirnya kita mutusin, kalo gue aja yang ganti nama ๐Ÿ˜€ Tohhh keluarga darmawan masih banyak banget. Hihi…

Nah… jadi setelah nikah itukan dokumen-dokumen guekan harus di ganti nama semua, contohnya paspor, bank, dll. Karena gue maunya pesta di Jerman dan di Jakarta waktunya deketan, seenggaknya masih dalam satu bulanlah… Biar nggak rempong pas mau ke Indonesianya, ย jadi kita mutusin nikah catatan sipilnya akhir tahun ini. Jadi gue masih ada banyak waktu untuk ngurus2 dokumen gue…

Ribet yak?? Hehe ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

Ternyata ngurusin nikahan itu emang repot banget yak… Doain semoga lancar ya ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

Getaggt mit , , , , , , , , , ,

51 Gedanken zu „Persiapan Wedding Part 1

  1. Puji sagt:

    Semoga lancar sampain nikah nanti yaa. Btw, aku baru tau kalo lelaki boleh ambil nama belakang keluarga perempuan. Aku kira mutlak harus ambil nama keluarga lelaki hehe

  2. Ira Kahar sagt:

    kalo persiapan wedding kita jadi sangat excited yah Shinta? aku dulu juga begitu, semua aku urus sendiri kecuali daftar nama tamu undangan. Apalagi waktu itu suami aku masih kerja di luar kota, jadi semuanya aku urus sendiri disaat jam istirahat siang, dan pulang kantor semua digeber sendirian. Nanti suami dateng saat belajar persiapan pernikahan di gereja dan saat foto prewed sajah hehe… Pasti kamu sangat senang, deg-degan dan gimana yah rasanya hehehe.. nano nano deh pasti perasaan kamu ๐Ÿ˜€

  3. Semoga lancar yaa aemua sampai hari H. Printilan penting gak penting buat nikahan itu buat gemes emang hihi. Aku dulu malah cuma 3bln persiapan ;)))

  4. oppie83 sagt:

    Seru ya shinta prepare wedding gitu, kalo jauh2 hari planning nya lumayan lah jadi bs nyicil ya kan. Gue sama suami dulu setaun nabung nya jadi ngiriiitt banget, karena kita nikah pure dr duit sendiri dan gak minta „sumbangan“ ortu hehehe. Berhubung gue gak punya surname jadilah gue ngambil surname suami. Sama banget, surname nya suami gue hampir punah karena di keluarga nya gak ada yg nikah/punya keturunan. Pokoknya di nikmatin aja ya shinta, dan semoga lancaaarrr!! ๐Ÿ™‚

  5. adhyasahib sagt:

    semoga kancar semuanya sampe hari H ya. masalah dokumen2 itu memang ribet harus banyak sabar,aku malah gak ambil nama belakang suami krn gak mau ribet ganti semua dokumen,ngurus dokumen nikah saja sudah begitu repotnya apalg tambah nama ๐Ÿ˜€

  6. Goodluck yah Shinta sama persiapan weddingnya. Pasti excited deh ๐Ÿ˜€
    hueheueheuehuu emang mahal banget >,< temen gw kmrn itu baru merit, sederhana banget aja katanya udh abis $25,000 @_@
    Soal nama belakang emang pusing yah, untung gue gak punya nama keluarga di belakang haha. Jadi kalo nikah tinggal tambahin aja nama belakangnya calon misua jadi deh.

  7. Atabelle sagt:

    Capek tapi pasti seru ngurusin nikahan (kaya pengalaman aja hehe). Semoga lancar luncur persiapan pernikahannya ata ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

  8. Semoga lancar ya Shin ๐Ÿ™‚ . Buat di Jerman aku pakai 2 nama keluarga (dulu nikah di Swiss sih), tp kayanya 2 nama keluarga banyak juga di Jerman Jadi namaku dulu + nama keluargaku baru dibelakangan nama keluarga suamiku. Buat di Indo aku ga ubah nama apapun krn males ngurusnya harus sampai pengadilan, lagipula belum tahu brp lama ngurusnya. Trus akupun menetap di Jerman jd ya gak terlalu ngaruh juga ganti nama buat di tanah air.

  9. Arman sagt:

    Semoga semua nya lancar ya…

    Btw ternyata ada yg ngambil nama keluarga cewek ya. Kirain kalo ganti nama selalu jd ngikut nama keluarga cowok…

  10. evy doloks sagt:

    sukses dg semua persiapannya ya sin … semoga lancar jaya sampai hari H. seneng dweh denger kabar mo nikah. akhirnya yaaaaaa … yeeheeyy … *joget-joget*

  11. GloryGrant sagt:

    Selamat ya mbak. Semoga lancar2 persiapannya. ๐Ÿ™‚

  12. Ira sagt:

    Semoga lancar ya Shinta persiapan nikahnyaaa

  13. Angela sagt:

    Baru tahu kalo bisa ikut ke nama keluarga cewek. Biasanya kan by default ambil nama keluarga laki ya?

  14. nengsyera sagt:

    Semoga lancar yaaaaaa ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜
    Ditunggu cerita persiapaannya ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜„

  15. Laahh kakak2 yg komen diatas kok gatau kalo budaya Padang ngambil nama keluarga perempuan hihi. Anyway semoga lancar persiapannya ya kak~~~ ๐Ÿ˜Š zaman skrg aja uda mahal aplg zaman gua ntar yak *kencengin iket pinggang*

  16. Shinta.., turut berbahagia ya..๐Ÿ˜ƒ Semoga semua lancar.. Amin..

  17. zilko sagt:

    Wuiih, udah mulai persiapannya ya, hehehe ๐Ÿ˜€

  18. Christa sagt:

    Semoga lancar Shinta.. Dan ngga pake ada momen2 bridezilla hehehe.. Enjoy the process yaa! ๐Ÿ˜˜

  19. riemikan sagt:

    Semoga lancar semuanya. Menarik ya ttg nama belakang, klo di Oz ikut nama suami doang bolehnya dan peraturannya harus tinggal satu tahun dulu di sini (bukan merit satu tahun) baru boleh ganti nama tapi meritnya sih boleh kapan aja gak harus nunggu.

  20. Stephanie W. sagt:

    Semoga semuanya lancar yah. Pacar saya anak tunggal jadi saya memang bakal pakai nama keluarga dy. Lagi kalau namanya Bartosz Wong kok jadi kedengerannya aneh ga pas banget yah? ๐Ÿ˜‚

  21. diandiw sagt:

    Wahh baru baca judulnya aja udah nyenengin bangett!! Semoga dilancarkan semua2nya yaaaa ๐Ÿ™‚

  22. wulan sagt:

    Wah, good luck ya Shinta buat persiapan weddingnya ๐Ÿ™‚

  23. jendluvu sagt:

    shinn.. goodluck yahh prep.nyaa.. hehe..
    btw. kalo lu ga ngikut ganti nama ga boleh yah?
    jadi anak lu aja nanti yg pake nama blakang si matthias.. hehe.

  24. Beby sagt:

    Selamat ya, Mbaaak.. Semoga langgeng dan bahagiaaaa.. Aamiiin.. ๐Ÿ˜€

Kommentar verfassen

