Nikah di Jerman

Akhirnyaaaa… Saya bisa nongol lagi di blog yang udah debuan ini. Hehe… Belakangan ini emang sibuk buangettt *alesan*. Sibuk kerja yang nggak ada cutinya, sibuk ngurusin ponakan gue yang baru dateng agustus kemaren dan tentunya sibuk ngurusin persiapan nikahan gue dengan Matthias.

Abaikan dulu ya masalah2 kerjaan dan semua embel-embel di kehidupan gue. Gue kali ini mau cerita tentang gimana repongnya ngurusin dokumen-dokumen yang dibutuhin buat nikah di Jerman. Awal tahun lalu gue udah pernah ceritakan, kalo kita mutusin untuk bisa 3 ’nikahan‘:

  1. Nikah Catatan Sipil di Jerman dan makan2 sama keluarga deket.
  2. Nikah Gereja dan Party sama temen2 n Family di Jerman.
  3. Resepsi di Jakarta sama Family gue di Indonesia plus familynya Matthias juga.

Nah… gue dan Matthias pastinya sibuknya sama urusan2 untuk nikahan di Jerman donk. Sedangkan keluarga gue sibuk persiapin resepsi yang di Indonesia plus Bantu ngurus2 dokumen-dokumen buat nikah catatan sipil di Jerman. Ribet??? Banget!!!!

Emang dokumen apa aja sih yang dibutuhkan??

P.S.: Semua dokumen dibuat di Indonesia tanpa gue dateng ke Indonesianya. Jadi dari awal gue bikin surat kuasa, kalo keluarga gue di Indonesia boleh ngurus surat2 ini untuk gue. Untungnya sih bisa 🙂

  1. Surat Keterangan Belum Menikah. Surat ini dikeluarkan oleh Catatan Sipil daerah gue tinggal. Untuk dapetin surat ini, kita butuh surat pengantar dari Ketua RT dan Kelurahan. Yang bikin ribet adalah mereka itu minta biodatanya Matthias juga. Nahhh salah satu pertanyaannya adalah perkerjaannya Matthias. Nahh… Bonyok gue nulisnya Polisi. Dan satu kata itu bikin ribet semua urusan… Mereka sempet minta surat dari kepolisian Jerman yang sah-in kalo Matthias itu beneran polisi. Gue sama Matthias sempet bingunglah… Mana ada surat begituan??!! Akhirnya setelah dibujuk2, boleh juga bikin surat pengantar buat ke catetan sipil tanpa surat keterangan dari Jerman. Haha… Rempong!!
  2. Kutipan Akte Kelahiran. Entah kenapa pemerintah Jerman maunya akte kelahiran yang baru (nggak boleh lebih dari 6 bulan) dan mereka nggak nerima akte kelahiran lama kita. Menurut gue sih aneh… Soalnya emang akte kelahiran bisa berubah2 ya??? Tapi demi kelancaran, ya ikut aja deh… Tentunya ada masalah donk dengan akte kelahiran gue. Kenapa??? Di akte kelahiran nama yang tercatat itu cuma SHINTA. Sedangkan di dokumen2 yang lain (ktp, paspor, dll.) nama yang tertera itu Shinta Darmawan. Nahhh… Akhirnya gue disuruh ganti nama di akte kelahiran. Orang catatan sipilnya udah ngoceh2, kalo sebenernya dokumen lain yang harus ikutin nama di akte kelahiran, bukan sebaliknya. Tapi entah gimana, akhirnya bisa juga tuh di ganti jadi Shinta Darmawan. Mantaplah emak gue. Hehe…Yang bikin tambah ribet dan mahal adalah akte kelahiran asli gue ada di Jerman donk sama gue. Sedangkan buat bikin kutipan itu mereka butuh yang asli. Jadilah harus kirim dulu akte yang asli ke Indonesia. Iyaaaa… Makin rempong!!!
  3. Surat Domisili di Jakarta. Kalo yang ini sih untungnya nggak ada masalah. Yang gue heran adalah domisili guekan bukan di Jakarta lagi ya tapi di Jerman. Kenapa juga harus pake surat domisili??? Nggak ngerti deh…
  4. Fotokopi Paspor plus visa di Jerman.

Nah… Setelah semuanya lengkap kita langsung kasih semua dokumennya ke penerjemah untuk di terjemahin ke bahasa Jerman. Ini daftar penerjemah bahasa jerman tersumpah: http://www.jakarta.diplo.de/contentblob/3980974/Daten/5965553/downloaduebersetzer.pdf

Si penerjermah yang nantinya ngurusin legalisasi di Kementrian Hukum&HAM, Kementrian Luar Negeri dan Kedutaan Jerman. Setelah semua beres, semua dokumennya langsung dikirim sama bonyok gue ke Jerman. Total waktu yang gue butuhin dari awal siapin dokumen (plus cari info) sampe dokumennya nyampe Jerman (per Express) kira2 3 bulanan. Itu termasuk libur lebaran waktu itu, jadinya agak terhambat.

Kalo si Matthias sih nggak pake ribet deh… Dia mah cuma butuh akte kelahiran terbaru dari kota asalnya dia. Dan itu dikirim per pos dalam waktu beberapa hari aja. Kayaknya itu aja dahh… Nggak pake rempong!!

Setelah dokumennya sampe di Jerman, gue dan Matthias langsung bikin janji sama orang catetan sipil di kota kita. Setelah mereka periksa dokumen2 kita, dokumen itu harus di periksa lagi sama Oberlandesgericht (Apa ya Bahasa Indonesianya??? Kayak Pengadilan gitu deh…). Setelah kira2 sebulanan dan semuanya beres, baru deh kita boleh netepin tanggal buat nikah.

Nah… Kita tuh pengen nikahnya hari Sabtu di Kastilnya Leverkusen gitu… Sedangkan pernikahan disana cuma diadakan sebulan sekali sama catatan sipil disana dan tiap bulannya udah banyak yang penuh. Jadilah rencana kita yang mau nikahnya di bulan November jadi di undur ke bulan Januari.

Dan iya temen2!!! Kurang dari dua minggu lagi saya bakal nikah 😀 😀 Doain ya semoga semuanya lancar. Baik persiapannya, acara nikahannya dan kehidupan setelahnya 😀 😀 Rencananya setelah itu gue mau ganti nama, pake nama keluarganya Matthias. Nanti gue ceritain deh gimana prosesnya ganti nama keluarga. Semoga nggak rempong lagi ya… 🙂

 

Getaggt mit , , , , , ,

52 Gedanken zu „Nikah di Jerman

  1. Semangaaaaaaaaat.. Aku jadi keinget dulu ribetnya ngurusin surat nikahan dibarengin ngelarin thesis. Haduuuh bolak balik kedutaan kurang ini itu dll. Tapi tenang aja, entar bakalan legaaaaa banget setelahnya. Ihiiiiy bride-to-be, lancar-lancar yaa sampai hari H 🙂

  2. Wahh. Nongol2 dah mau nikah aja mbak. Selamat ya mbak. Semoga ribetnya terbayar semua nanti. Moga langgeng terus. Semangat mbak.

  3. Puji sagt:

    Semoga lancar sampai hari H

  4. Lorraine sagt:

    Ah, dia muncul lagi. Semoga urusan dokumen beres sebelum Hari H. Dan mudah-mudahan semuanya lancar ya. Good luck & viel spass!

  5. Hai, Shinta.. Lama baru lihat post-nya lagi..*kayak yg diriku rajin post aja..😝* Semangat ya.. Semoga lancar sampai akhir..😃

  6. Stephanie W. sagt:

    Ga nyangka proses di Indonesia semuanya ribet banget yaa! O.O Dan memang masalah tentang surname itu ribet yah. Kenapa di Indonesia ga diterapin sistem surname aja biar lebih gampang…
    Anyway, congratulations Shinta and Matthias! 😀

  7. joeyz14 sagt:

    Wahhhh athaaaa…. tiba2 datang dengan berita yg supee bahagia. Semoga lancar nanti semua ya ta…jangan lupa jaga kesehatan 😊

  8. ardiantoyugo sagt:

    wah… semoga lancar Mbak…

  9. jendluvu sagt:

    shinnn.. 2 minggu lagi nikah di german dl ya? congratsss yahhh shin!! ehh sama lohh btw.. gw punya birth cert juga cuman Jenita.. pas di passport dll, Jenita Darmento.. sama ribetnyaa pas gw mau pindah singapore.. semua harus ada surat pengantar lagi, kalo Jenita adalah Jenita Darmento.. ahahha.. btw. kalo di indo butuh MC. kontek2 gw yaa.. muahahahhaa.. *iklan.com*

    • iya… soalnya takut ribet ngurusin surat2 abis nikahnya jen. nanti mei baru d indo 🙂 MC uda dapet jen dr hotelnya. hehe… tp infonya gue keep, siapa tau ada kenalan yang butuh MC 🙂 kapan bisa ngemci lagi??

      • jendluvu sagt:

        Icic.. Mulai june/july tahun depan udh start lagii shinn :)).. Thanks loo. Hehe.. Goodluck yaa buat semua wedding prepnyaa.. Jngn stress, biar glowing on your big day! Ehhehe

  10. JNYnita sagt:

    Shintaaa selamaaaat… Semoga lancar sampai hari-H.. Kiss kiss 😘

  11. denaldd sagt:

    Shintaa, selamat yaa. Semoga lancar sampai hari H dan setelahnya. 2 minggu lagi! Huwoo 😍😍 Shin sorry waktu itu yang ke Köln aku ga ngabari lagi soalnya Instagramku tiba2 hang, akhirnya install lagi lupa passwordnya. Akhirnya sampai sekarang ga kebuka. Lumayan, istirahat IG an hehe. Waktu itu aku nginep dirumah temen di Kerpen 😊 mudah2an kalau ke Köln lagi bisa ketemuan.

  12. mariskaajeng sagt:

    temen aku empat kali 😆
    mesjid, catatan sipil, rumah, dan di Indonesia. huehehe 😀

    semangat ya, Shin! Semoga lancaaaarr 😉

  13. Hai Shinta semoga lancar ya sampai hari H 🙂 .

    No.2 gak cuma Jerman yg begitu, aku nikah di swiss krn dulu doi kerja disana, sama juga diminta akte yg sdh diperbaharui, jd nya aku nambah nama keluargaku aja. Ada teman di belanda diminta hal yg sama juga. Klo ku pikir lg, org jerman klo perlu akte kelahiran mereka pasti minta nya per pos kan, nah jadinya tgl nya pasti baru berikut stempelnya gitu sih menurutku 😀 .

  14. evy sagt:

    semoga lancar jaya ya shin‘ 🙂

  15. Shintaaaaaa selamat yaaa and lancar2 urusannya. Soal dokumen Indo itu emang ribet, gw juga di akte lahir and passport namanya beda 😦 sampe butuh yang diperlukan ya mau gak mau ganti semua nama dr akte deh. Gak tau tuh yg bikin paspor itu gimana bisa nambahin nama seenak jidat hahaha. Semoga langgeng Shin, ini postnya berguna loh kalo2 gue harus ngurus ginian di kemudian hari *gak tau apa2 soalnya* haha

  16. Maya sagt:

    Selamat yaaa, hehehe emang kalo ngurusin nikah itu yang rempong surat suratnya (apalagi di Indonesia). Mesti pake surat N1, N2,N3, dll dll lah aku juga ga gitu ngerti. Ujung ujung nya baru beres sih kalo udah keluar kertas D (duit) 😆
    Anyway, semoga lancar ya sampe hari H nya, langgeng rukun selalu *big hug from Indonesia* 😉

  17. Ahem met nikahan, kakak!!! Congrats yaaa. Fix nambah satu lagi info baru hehehe

  18. Wien sagt:

    Congratulations mba Shinta. Semoga segala sesuatunya lancar sampai hari H ya.

  19. waw…selamat yaaa…aku juga punya temen nikah sama orang Jerman disana, dan lebih ribetnya lagi karena tadinya temen gw tinggalnya di Indonesia en ngga bisa bahasa jerman sama sekali, jadilah dia hrs kursus bhs jerman di Goethe dulu sampe level tertentu…duileee susah bener yak

  20. Hi Shinta selamat ya atas rencana perkawinannya. Btw sudah nyiapin dokumen Prenuptial agreement belum buat pemisahan harta biar gak kehilangan hak properti di Indonesia?

  21. monda sagt:

    selamat ya Shinta, senang dengar berita bahagia ini
    semoga semua urusan administrasi beres ya

  22. Dita sagt:

    aaaakk Shintaaa, selamat yaaaa!! semoga dilancarkan semua-muanya, disini mah emang gitu…..kalo bisa dibikin ribet kenapa harus dibikin gampang, ya sutralahhh yang penting happy-happy aja yaaa

  23. adiphi sagt:

    Congrats!! Smoga lancar dan bahagia selalu 😀

  24. Shinta!!!!! Selamat selamat selamat! Semoga lancaaarrrrrr yaaaaa!!!!!! Seneng banget bacanya uuuu~

  25. Ira sagt:

    selamat Shinta!!
    semoga lancar sampai hari H yaaa

  26. Christa sagt:

    Shintaaa semoga lancar2 yaa sampai hari H, bahagia selaluu.. ditunggu cerita2nya.. 🙂

Kommentar verfassen

