I’m officially Mrs. Schmidt

Selamat Tahun Baru Imlek semuanyaaaa 😀 😀 Ini postingan pertama gue di tahun 2016, lho 😀 D Sayangnya di bulan januari kemaren nggak sempet ngeblog, karena ribet ngurusin nikahan catatan sipil, abis itu ribet dengan ngurus ganti nama di dokumen-dokumen dan jugaaaa di sibuk nyari mobil baru 😀 😀

12650846_10156550826240245_200582858694181655_n

Jadi… tanggal 9 Januari kemaren itu kita akhirnya sah jadi suami istri 😀 😀 Hampir semua keluarga yang ada di Jerman hadir dan hari itu terntunya jadi hari yang paling membahagiakan dong. Beberapa hari sebelum acara tuh cuaca lagi jelek-jeleknya. Tiap hari ujan… Becekkk… Tapi ternyata pas hari H-nya terang benderang!! Bayangin 12-13 °C di bulan Januari 😀 😀 Setelah acara di catatan sipil kita juga ngadain acara kecil-kecilan di apartemen kita. Karena nggak mau repot, kita mesen Catering gitu dan di lengkapi dengan acara BBQ-an. Makanannya enak-enak dan semua puas 😀 😀

Setelah acara nikahan selesai kita berdua mesti gotong royong membereskan apartemenlahhh… Kirain mah abis nikahan bisa leyeh-leyeh, tapi ternyata dugaan gue salah besar. Haha… Pas nikahan itukan gue ambil cuti 2 minggu ya. Karena kita nggak ngerencanain apa2, gue udah ketakutan mati kebosenan lho… Tapi ternyataaa banyak banget yang harus diurusin!!

1. Proses ganti nama di paspor

Karena tempat tinggal gue termasuk wilayah NRW, gue harus ngurusin pergantian nama ini di KJRI Frankfurt. Untuk apply perubahan nama kita harus isi formulir gitu yang bisa di download langsung dari websitenya KJRI Frankfurt. Semua prosesnya sebenernya juga bisa lewat pos. Jadi kita tinggal kirim paspor, formulir dan prangko untuk kirim balik dokumennya lewat pos. Tapi gue dan Matthias agak2 takut gitu kalo kirimnya lewat pos. Takut ilanglah atau kalo dokumennya nanti salah dibuat jadi repot ngurusinnya lagi. Nahh… Akhirnya kita mutusin buat pergi langsung ke Frankfurt. Ya itung2 sekalian jalan-jalan deh 😀

Sebenernya niatan gue itu pengen sekalian minta buat paspor baru. Tapi di tolak mentah-mentah sama mereka, karena paspor gue masih berlaku sampe July 2017. Jadi mereka bisanya bikin catatan pengesahan gitu, yang menjelaskan kalo nama gue sekarang Shinta Schmidt. Awalnya gue pikir nggak usah nunggu lama-lama dong kalo cuma bikin catatan tambahan kayak gitu. Tapi ternyata orang yang ngesahinnya nggak ada pas hari itu. Apes dehh… Mereka sempet nawarin untuk dikirim per pos aja paspor gue, tapi pas gue tanya bisa bayar ongkos kirimnya langsung di sana atau nggak. Mereka jawabanya nggak bisa… Cape deh… Guekan nggak nenteng2 prangko kemana2 juga. Akhir beberapa hari kemudian kita balik lagi ke Frankfurt untuk ambil paspor gue. Untungnya namanya langsung bener sih…

Yang gue penasaran… Catatan pengesahan itu berlaku untuk jalan2 keluar negri nggak ya??? Kata orang KJRInya sih bisa, tapi gue agak-agak nggak yakin. Karena mei nanti kitakan mau ke Indonesia dan Singapore. Ada yang pernah punya pengalaman kayak gini nggak? Karena sekarang ini kalo apa-apa gue udah langsung pake nama Shinta Schmidt, bukan Darmawan lagi. Bagi-bagi infonya yaaaa… 😀 Thanks!

P.S.: Oiyaaa untuk info aja buat kalian. KJRI Frankfurt nggak terima pembayaran lewat EC-Karte lagi. Jadi apa2 tuh mesti lewat Transfer Bank. Menurut gue agak-agak ribet jadinya, karena kadang gue nggak tau berapa jumlah yang harus di Transfer. Kalo bisa bayar pake EC-Kartekan lebih gampang.

2. Ganti nama di dokumen2 lainnya:

Setelah paspor beres gue mulai apply perubahan nama di dokumen2 lainnya, contohnya Bank, Asuransi, Tempat Kerja, dll… Ada yang gampang ngurusinnya, ada juga yang agak ribet. Tapi Puji Tuhan sekarang udah ampir keubah semua 😀

Yang agak ribet itu pas ganti nama di Kantor, karena nama baru gue nggak langsung ke Register di semua sistem gitu. Jadi beberapa hari gue nggak bisa log in ke gue punya komputer. Cape dehhh…

Ngurus2 dokumen gini tuh kira2 ngabisin waktu 3 harilah…. Telefon sana sini, kirim2 surat dan ada beberapa juga yang langsung gue datengin. Hehe… Matthias sih enak tuhh, dia nggak perlu ganti apa2.

Setelah urusan dokumen selesai kita mulai sibuk liat-liat mobil, karena kita emang mau beli mobil baru. Kenapa dengan mobil lama gue?? Pertama mobilnya lumayan kecil, jadi kalo nyetir jauh tuh nggak gitu nyaman. Trus beberapa bulan belakangan tuh udah mulai bikin ulah, daripada kita nantinya harus investasi lebih besar buat biaya reparasi jadinya kita mutusin buat beli mobil baru dehhhh… Dan ternyata liat2 mobil tuh luama bangettt dan capek lho!! Sehari itu kita cuma bisa liat sekitar 2-3 dealer mobil. Dari awal gue udah jatuh hati sama Mazda sih, tapi Matthias masih mau nyocokin gitu. Kita juga sempet liat dari KIA, Toyota, Nissan, Renault, Opel, VW, Ford, Mazda, dan macem2 deh. Tapi akhirnyaaaa kita memutuskan beli Mazda 3 😀 😀 Itu mobil udah gue idam2in dari pertama gue liat, apalagi pas bisa test drive. Langsung deh nggak mau berpaling lagi. Hihi… Sedangkan Matthias masih pengen liat-liat mobil yang lain juga. Dan kita puas banget dengan mobil pilihan kita. Hehe… Semoga mobilnya awet ya 🙂

 

 

 

Getaggt mit , , , , , , , , ,

68 Gedanken zu „I’m officially Mrs. Schmidt

  1. Dita sagt:

    waaa Shintaaa selamat yaaa! Kebayanya (dan orangnya) cantiiik

  2. Congratulations! Semoga langgeng sampai maut memisahkan ya Shinta.

  3. zilko sagt:

    First of all, congratss yaaaaa!!! Hehehehe 😀

    Ah, kebayang banget deh ribetnya ngurus surat-surat begitu, apalagi masalah nama ya jadi pasti buanyak banget yang mesti diurus… . Eh btw, aku dulu pernah dibilangin sekretarisnya TU Delft katanya kalau ada perempuan yang baru lulus dari TU Delft dan ganti nama karena merit, bagaimana pun di diplomanya bakal tetep pake maiden name-nya katanya, haha 😆 .

    Btw, kalo di Jerman gitu kalau nggak salah memang otomatis mesti ganti nama ya? Kalau nggak salah dulu ada teman yang pernah bilang gitu, dan kalau nggak salah yang bilang orang Jerman, haha 😆

    • Thanks ko!!! Sebenernya nggak harus ganti nama sih. Kita bisa tetep pakai nama kita, atau bikin double Family name gitu atau ya pake nama suami atau suami pake nama istri. Nahh.. Gue milih pake nama suami 🙂

  4. Selamat Sincia juga…. Gong Xi Fa Cai…

    Selamat menikah yaa… Semoga langgeng sampe akhir hayat… 🙂

    Aku ngebayanginnya ya, ganti nama kok sedih ya…hehehe. Kalau aku mikirnya nambah nama, 🙂

  5. Christa sagt:

    Congratulations shintaaa! aku udah liat foto2 nya di IG, it looks like a very nice day xoxo

  6. heywabbit sagt:

    Selamat ya, dari cepolan, bunga, kebayanya sampe liat liatannya manis banget. semoga langgeng selalu 🙂

  7. Lorraine sagt:

    Sinta & suami, Selamat ya! Semoga happy terus berdua.

  8. nyonyasepatu sagt:

    Shintaa, selamat ya . Bagus fotonya dan semoga lancar urusannya, trus langgeng ya

  9. Congrats Shinta 😀 gue suka deh gaun nikahannya. Elegan and Indonesia banget. Proses ngubah nama emang ribet ya (berdasar pengalaman diri sendiri yang namanya kudu keganti2 gara2 ulah petugas di Indo) tp syukurlah udah selesai semua. Itu May di Indo ada perayaan lagikah?

  10. shintadaniel sagt:

    Congratulation mr. and mrs. Schmidt, may you both happily ever after

  11. evy sagt:

    congratzzzzzzzz mrs. schmidt !!! ga papa deh ribet ngurusnya, toh berujung happy. ya gak ?! hahaha … langgeng trus ya shin. Tuhan memberkati keluarga barunya 🙂

  12. Puji sagt:

    Langgeng selamanya Mr & Mrs Schmidt 🙂

  13. adhyasahib sagt:

    Selamat ya Shinta! ikut bahagia, semoga langgeng :-). untuk penggantian nama memang repot ya urusannya, kemaren itu aku malah gak sempat ganti krn takut urusan visa dll jadi repot pdhal ya sama aja, ganti gak ganti tetap aja tepot,hihihi krn menurut peraturan di Romania sana setelah menikah maka nama belakang istri otomatis ikut nama belakang suami, yang di ganti biasanya paspor sama ktp, akte lahir gak di ganti 🙂

  14. Maya sagt:

    Selamat yaaa, semoga langgeng dan rukun selalu sampai kakek nenek. Sukaaa deh liat kebaya nya, simpel dan cantik banget 🙂
    wah ganti nama ribet juga ya, tapi pelan pelan pasti beres deh. Semangat ya 🙂

  15. Ira sagt:

    Selamat ya Shinta!!! Semoga langgeng terus sampai maut memisahkan

  16. nengsyera sagt:

    selamat yaaa athaaaa 😀
    ihh akhirnya kamu muncul juga di WP setelah bolak-balik aq liat postingan km cuma di IG doang, kangen postingan atha.

    happy selalu, langgeng terus hingga maut memisahkan 😀

    btw, aq suka foto km yg pake kebaya 😀

  17. adiphi sagt:

    Congrats yaa Mr. & Mrs. Schmidt, may you both are always blessed and happy!!! 😀

  18. Shinta selamat yaa bahagia selalu buat kalian !!! 😉 kamu cantik pake kebaya putihnya …

  19. Stephanie sagt:

    Congrats Shinta! 😀

  20. Slamat menempuh hidup baru Shintaaa… Kayaknya kita sama2 gampang ya klo milih mobil, para cook tuh yang suka ribet.. *atau krn kita gak tau specnya ya? Yg penting body-nya oke, ya sudah.. 😀

  21. Angela sagt:

    Congrats again Shinta! You looked very beautiful.

  22. Selamat ya Shinta! Semoga bahagia dan selamanya. Tuhan memberkati ya!
    cantik banget dengan kebaya putihnya. 🙂

  23. Arman sagt:

    Congratulations yaaaaa

  24. denaldd sagt:

    Awww Shintaa sudah menikah. Selamat ya Shinta dan suami untuk pernikahannya. Semoga langgeng dan bahagia selalu. Naksir kebayanya 😍😍

  25. elitadame sagt:

    Waaaw… selamat menempuh kehidupan baru yaa…. enw, salam kenal. Kamu cantik deh pake kebaya putih. Chic simple dan elegant. 😊

  26. inlycampbell sagt:

    Congrats Shinta, selamat menempuh hidup baru yaa… Langgeng terus.. 🙂

  27. th3sea sagt:

    Congratz ya Shinta… selamat menempuh hidup baru, peran baru, dan menyandang nama baru hehehe… Semoga langgeng terusssssss.

  28. clashinta sagt:

    Shintaaaa.. Selamat yaaa.. Semoga langgeng sampai maut memisahkan.. 😍

    Btw, soal penambahan Nama Di paspor, ga Ada masalah kok Kalo mau keluar negeri. Di paspor Aku juga Ada penambahan Nama Di lembar kedua, dan waktu ke Indonesia, mereka cukup melihat lembar kesatu dan kedua, trus selesai deh.. ☺️
    Jadi jangan khawatir.. Selamat menikmati hidup baru dimanapun.. 😉

  29. Very many happy returns for you and Mr Schmidt!

  30. Wien sagt:

    Once again congratulations to you and Matthias! Happily ever after

  31. pinkuonna sagt:

    Hallo Shinta, pertama tama mau ngucapin selamat ya atas pernikahannya 🙂
    And kedua mo ngucapin makasih juga ya udah follow blog aku…it’s a nice surprise krn sebenarnya aku silent reader blognya Shinta lho 🙂 Once again, thank you ya 🙂

  32. Happy wedding ya, semoga bahagia selalu kalian berdua.
    btw salam kenal ya 😉

  33. Rina sagt:

    walau nikahnya di jerman, masih pakai kebaya ya, keren, selamat ya mbak, salam kenal

  34. mariskaajeng sagt:

    Shinta! Maaf aku baru mampir lagiiii… aahh wie süß seid ihr. Herzlichen Glückwünsch! Ich freue mich für euch 🙂

Kommentar verfassen

