Red Velvet Martabak ala dapuratha

Jadi kemaren ini iseng-iseng gue bikin martabak. Dari pertamanya bikin martabak manis biasa, trus iseng-iseng bikin martabak pandan dan terkahir bikin Red Velvet Martabak Yang lagi ngetrend itu. Tentunya gue posting juga di IG (@athadarmawan) foto2 Red Velvet Martabaknya. Nggak nyangka banyak yang nanyain resepnya dan Mariska juga minta untuk di posting di blog. Jadilah kali ini gue mau share resep marbatak iseng2 gue… Yang mengembirakan belakangan ini martabak buatan gue udah nggak malu2 lg seratnya 😀 😀 Bikinnya juga nggak susah kok…

image1 (2)

Bahan Dasar Martabak:

250 gr Tepung Terigu Typ 405 (Typ 405 itu adalah Tepung khusus untuk bikin kue atau biasa disebut tepung rendah Protein *kalo nggak salah*)

70 gr Gula Pasir

3 Butir Telur (Ukuran M kalo di Jerman)

150 ml Air

150 ml Susu cair

10-15 gr Fresh Yeast (aku selalu dikira2 aja yeastnya :D)

1/2 sdt Baking Powder

50 g Mentega cair

2-3 sdm Coklat bubuk

Beberapa tetes perwarna makanan merah tua

 

Bahan untuk Taburan:

Cream Cheese (gue pake merek Philadelphia)

Oreo yang di cincang kasar

Susu Kental Manis

 

 Cara Membuat:

  • Semua bahan dasar dicampur jadi satu dan dimixer sampai tercampur rata. Banyaknya pewarna bisa dikira2 sendiri.
  • Setelah itu diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam.
  • Setelah 1 jam panaskan wajan dengan api besar, lalu olesi dengan sedikit mentega sambil kecilkan api. Lalu masukan adonan kedalam wajan. Usahakan jangan terlalu tebel dan terlalu tipis. Setelah itu diamkan beberapa menit sampai muncul lubang2 di adonan, lalu taburi gula secara merata, kemudian tutup sampai martabak matang.
  • Setelah matang angkat martabak dari wajan, olesi dengan mentega kemudian oleskan dengan Susu Kenal Manis, Cream Cheese dan terkahir taburi dengan oreo sesuka hati 😀

P.S.:

  • Kalo aku nggak punya wajan martabak, jadinya pake wajan teflon biasa yang lumayan tebel.
  • Tips untuk Teflon yang diameternya 20 cm: Setelah adonan dimasukan ke wajan diamkan 5 menit, lalu taburi gula dan setelah itu diamkan lagi selama 10 menit.

 

image2

Dan jadilah Red Velvet Martabak ala dapuratha 😀 😀 Buat gue seratnya itu bikin gemes, abis dulu kalo bikin martabak agak-agak bantet gitu. Hihi… Dan rasanya beneran enak bangettt… Perpaduan rasa gurihnya mentega, manisnya martabak, creamynya cream cheese dan chruncy Oreo pas bangettt! Ati2 ya bikin ketagihan lhoooo 😀 😀

Selamat mencoba semua!!!!

 

Getaggt mit , , , , , , , ,

35 Gedanken zu „Red Velvet Martabak ala dapuratha

  1. joeyz14 sagt:

    Athaaaaa jadi pengen banget coba nih…. keren kamu bisa bikin martabak yg berserat gini…aku blom pernah bikin martabak euy

  2. zilko sagt:

    Kayaknya enak bangeeeeettttt!!!!

  3. denaldd sagt:

    Shinta, aku juga pernah buat martabak manis sekali pas malam tahun baru. Pertama bikin langsung berserat. Aku langsung loncat2 kegirangan. Ga nyangka, jauh2 ke Den Haag bisa bikin martabak manis sendiri haha, padahal resep dikasih temen. Oh red velvet ini ternyata rednya ditetesi pewarna ya. Kirain merahnya dari apaa gitu. Belum pernah makan red velvet soalnya 😁

  4. Arman sagt:

    wah keliatannya enak banget nih 😀

  5. Athaaaa makasih lho inget request iseng2 gue hehehehe. udah dibookmark nih resepnya. Kalo denger bikin martabak ud takut duluan tp baca post ini jd semangat 🙂

  6. adhyasahib sagt:

    menggugah selera banget nih, ntar malam beli ah #eh bukannya bikin sendiri,hehe

  7. Duhh ngilerrr Sin, aku dulu pernah buat martabak manis gini tapi itu hasil selalu bantet n gak berserat2 gitu.. Jadinya males coba lagi hehe. Ntar klo dah nemu bahan2 mau coba lagi ah..ini tempting bangettttt

  8. Christa sagt:

    wuihhh bentuknya gak kalah sama martabak abang2 Shin, pasti enakkk bgt!

  9. Maya sagt:

    Hebaaat. Aku cuma punya teflon sih di rumah terus pernah bikin sekali dan gagaaaal hahahaha. Gara2 teflonnya dan api nya. Teflon yang aku pake kurang tebal dan apinya terlalu besar jadi bantet. Penasaran sampe nanya ketukang martabak loh 😀
    Mau coba lagi ah pake resep ini, udah punya teflon yang agak tebal juga. Btw yang membuat jadi martabak emang serat nya ya, yang ngegemesin 😀

  10. aku belum pernah nyobain buat martabak, jadi pengen dech hehehe. btw salam kenal yach!

  11. Ya ampun, dari fotonya aja keliatan yummy banget.
    Perlu dicoba niyh,,, tapi gagal ga ya?? Keliatannya gampang 😀
    Mau ya di save resepnya 🙂

  12. kutubuku sagt:

    Ya Tuhan, langsung glek…. ngeliat gambarnya

  13. adiphi sagt:

    Looks so yummy!!! *lalu ngumpulin niat bikin martabak* 😛 thanks for sharing the recipe!

  14. Stephanie sagt:

    Thanks buat resepnya di IG – jadi lupa dibales. Aku belum ada waktu untuk mencoba bikinnya di minggu ini, mungkin minggu depan 🙂

  15. Wien sagt:

    Good job Shinta! Menggoda bener… Hahaha

  16. wah, jago… aku belum pernah buat martabak! makasih resepnya

Kommentar verfassen

