Produk Organik

Pernah dengar tentang produk organik atau di jerman di sebutnya produk bio?? 

Produk organik ini maksudnya bahan pangan yang alami atau contohnya terbebas dr senyawa kimia, pupuk kimia, pestisida sintetik, dll. Produknya ya banyak macem, seperti sayur, susu, daging dan bahkan sampe ke kosmetik.

Di Jerman produk organik ini lagi ngetrend banget. Banyak supermarket2 yang hanya menjual bahan2 organik, bahkan supermarket biasapun juga ikutan menjual produk organik. Banyak yang bilang produk organik itu lebih sehat. Sayur2an terbebas dari bahan2 kimia sisa. Daging2an dan produk2 hewani organik juga lebih menyehatkan, terutama di komposisi lemaknya. 

Kemaren sempet baca di koran sini tentang gimana nggak sehatnya daging2an biasa. Jadi intinya hewannya itu dikasih makan n obat biar gedenya cepet tapi nggak nyehatin. Yang bikin lebih ngeri lagi, dulu gue pernah nonton dokumentasi tentang perternakan ayam. Ayam2nya itu diberkembang biakan supaya punya dada yang besar, karena di jerman ini fillet bagian dada ayam itu sangat sangat digemari. Maklum bagian dada itukan yg paling dikit lemaknya. Nahhh tapinya jadi kasian sama ayamnya, karena dia nggak bisa gerak dong… Saking dadanya itu kegedean. Sedih deh liatnya… Sejak itu saya berusaha untuk selalu beli ayam utuh, trus saya potong2, sebagian untuk langsung dimasak dan sebagin lagi langsung masuk freezer. 

Nahhh karena belakangan ini banyak baca tentang gak sehatnya daging2an yang biasa, gue dan matthias jadinya mulai liat2 produk organik, terutama daging2an. Jadilah kita mampir pertama kalinya ke supermarket organik. Yang paling ketara itu tentu harganya ya… Bedanya bisa 2-5 kali lipet dari harga produk biasa. Harga 1 ayam utuh yang beku dan nggak gede2 amat aja 25 euro. Gile yaaaa… Buah2an juga nggak segede buah yg non organik. Apel dan mangga yang paling ketara. Yang nggak beda jauh cuma harga susu sapi. Yang lebih ketara lagi adalah di supermarket organik itu banyak banget alternativ2 bahan pengganti daging. 

Setelah setengah jaman ngiterin supermarket organik itu kita cuma beli beberapa produk aja, seperti sayur2an, roti dan bio salami. Kayaknya kalo harus belanja di toko organik doank nggak akan sanggup, secara mahal banget gitu… Jadinya ya kita bagi2 aja deh… Beli susu organik, sayur2an kalo lg diskon aja yg organik dan daging2an diusahan 50% dr yang kita konsumsi juga organik. Dan kita juga lagi usahain untuk nggak makan daging banyak2. Ini susah euyyyy… 

Gimana dengan di Indonesia?? Apa produk organik juga lagi ngetrend??

Foto diambil dr sini

Advertisements
Getaggt mit , , , ,

15 Gedanken zu „Produk Organik

  1. cerita4musim sagt:

    Shint, masuk di TV Jerman gak berita mengenai beberapa pemotongan hewan dengan label Bio di Prancis ternyata bunuhnya gak layak, ketauan gitu dari cctv, gw baru aja liat di TV kemarin, asli nyilu hikssss

  2. Maya sagt:

    Ngetrend sih tapi dikalangan tertentu aja soalnya mahal. Kalo sesekali beli mah boleh lah tapi kalo rutin, wadaaaw bisa jebol uang bulanan 😆
    Aku sih yang penting beli di pasar tradisional lah, biar pedagang kecil yang dapet untung, soal barangnya kita banyak2 doa aja 😆

    • iyaaa emang mahal banget… makanya kita banding2in harga kemaren ini. kalo yang harganya mirip2 kita beli bio, kalo jauh lebih mahal ya sekali2 aja. hehe…

      • Maya sagt:

        Kalo disini beda harganya lumayan kalo di supermarket besar, tapi di pasar modern BSD suka ada kios yang jual dengan harga yang lumayan (gak mahal2 banget apalagi kalo lagi musimnya untuk buah), jadi iya kayak kamu lah, sesekali doang 😀

  3. kutubuku sagt:

    Ada website yg kasi info barang2 apa aja yg perlu beli organik dan mana yg ga usah. Buah2an yg ada kulitnya misalnya ngga ngefek disemprot apa nggak krn kita peel kulitnya dst.

    Disini aku selalu berusaha beli organik u/ barang2 yg langsung masuk mulut

  4. Aku beli produk bio klo pas diskon sajalah 😀 krn mahal hehe. Klo pisang yg bio bagus hijaunya dan gak cepat jadi kuning.

  5. aku suka beli produk organic/bio ini Shin..tapi gak tiap grocery si, klopun beli terutama buah dan sayur. pengenya si semua produk tapi astagaa mahalnya gak kuat jatah duit belanja cuma bisa seminggu doang ntar yang ada.

  6. Di NZ banyak banget Shin. Katanya NZ salah satu yang best buat urusan natural organic products gini2 and sekarang harganya ga beda jauh juga sama produk biasa. Aku skrg sampe toiletries aja yang bio/organic. Ampe ada organic tampon segala haha

Kommentar verfassen

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden / Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden / Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden / Ändern )

Google+ Foto

Du kommentierst mit Deinem Google+-Konto. Abmelden / Ändern )

Verbinde mit %s

%d Bloggern gefällt das: