German Bread

Gue udah sering berkoar2 ya kalo gue kerja di bakery di Jerman, tapi baru ngeh kalo gue blom pernah posting tentang roti-roti di Jerman ini. Jenis roti di jerman itu beda banget sama di Indonesia, walau di Jakarta gue pernah juga sih nemu toko yang jual German Bread. Tapi kok menurut gue rasanya kurang nampol ya?? Hehe… Kalo roti di indonesia itu menurut gue kemanisan, bahkan roti tawarpun manis. Trus yang paling kentara sih bahan pengawetnya… Ga tahan! Di Jerman roti yang pake bahan pengawet itu udah nggak laku. Sedangkan rasa roti di Jerman kebanyakan nggak semanis di indo, bahkan ada beberapa jenis yang rasanya asem.

Bisa dibilang roti di jerman itu lebih sehat daripada di indonesia. Dan modelnya bukan cuma roti tawar biasa dari gandum atau roti tawar plus kulit gandum yang seuprit. Hehe… Di Jerman banyak macem2 sereal selain gandum yang dipake untuk bikin roti, contohnya rye, barley, oats, spelt, dll. Di Jerman juga sangat populer dengan roti yang wholegrain gitu. Bahkan biji gandumnya pun beneran masih keliatan di rotinya 😀

Vollkornbrot

Ini contoh whole grain bread. Gambar diambil disini

Selain itu roti disini juga sering pake berbagai macam sourdough. Sourdough itu adalah tepung sereal yang difermentasiin gitu. Ada wheat sourdough, rye sourdough, dan masih banyak lagi. Aku suka banget nyium2 aroma dari sourdough ini… Kegunaan sourdough inipun macem-macem, seperti bikin tepung rye jadi bisa dibikin jadi roti, kasih aroma, rasa dan juga bikin roti lebih awet. Tentunya roti yang pake sourdough ini cenderung lebih asem ya… Tapi tergantung jenis dan dosisnya juga. Untuk rasa dan aroma juga sering dipake bermacam2 malt. Malt itu kecambah dari biji2an sereal yang dikeringkan dan digiling. Rasanya malt biasanya manis dan aromatis banget…

Yang banyak dipake untuk bikin roti disini juga berbagai macam biji2an, contohnya biji labu, biji bunga matahari, chia, quinoa, wijen, dan masih banyak lagi. Biji2an ini tentunya bukan cuma rasanya aja yang enak, tapi juga menyehatkan.

Karena itu roti di Jerman itu nggak banyak yang selembut di Indonesia. Roti disini biasanya lebih keras dan kering. Atau ada roti yang lembut tapi tetep didalamnya ada biji2an gitu. Aku sendiri udah ampir nggak pernah makan roti tawar lagi. Kalo Matthias suka banget whole grain bread, yang asem dan keras digigitnya. Dikunyahnyapun harus lama, tapi lebih sehat dan juga bikin perut nggak cepet laper. Hehe…

Oiya… Makan roti ini udah jadi tradisinya orang jerman. Disini rotipun bukan untuk camilan tapi dimakan pas jam makan. Aku kenal beberapa temen yang cuma makan roti terus pas weekday: pagi sarapan roti, bawa bekal roti buat makan siang dan makan malemnya juga roti atau disini namanya Abendbrot. Hihi bosenin banget nggak sih??? Pas weekend dia tetep sarapan roti sih, tapi siang n malem makannya beneran. Matthias sendiri dulu minimal 2x sehari makan roti: sarapan dan makan malem. Sejak bareng gue, berhasil gue tawar jadi cuma sehari sekali. Hehe… Mereka makan rotinya itu pake wurst (sosis gt), keju, selai dll. Sebenernya lebih irit makan roti gitu. Tapi gue masih ngiler makan makanan yang lain 😀 

  
                             Foto diambil disini 

Ini model makannya orang jerman. Hehe… Sebenernya enak sih, tp kalo makannya itu mulu bosenin juga ya 🙂 🙂 

Pernah nggak kalian cobain German Bread??

Getaggt mit , , , , , , ,

33 Gedanken zu „German Bread

  1. Kalau makan roti di foto pertama bakalan lancar BAB nya 😀 . Krn gak pakai pengawet makanya kebanyakan roti/kue di jerman contohnya Brezel klo gak langsung dimakan besoknya sudah sekeras batu 😆 .

  2. Puji sagt:

    Pernah cobain sourdough dn rasanya unik hehe.. Asem gimana gitu

  3. Kita doyan banget sama sourdough apalagi si Mike, dia mah sampe kepengin beli bread maker buat bikin sourdough sendiri. Kalo sourdough tapi gue gak makan pake apa2 paling dioles butter aja di irisannya, kalo pengen manis pake butter and honey. Btw roti kesukaan gue tuh ciabatta… atau turkish pide juga enak sih sebetulnya.

  4. Maya sagt:

    Mungkin disana kalo belum makan roti, itu belum makan kali ya.
    Iya roti disini cenderung manis dan lembuuut banget kayak kapas. Aku lebih suka roti yang agak keras, makannya lebih berasa. Karena itu aku suka banget roti gandum, tapi roti gandum disini aja manis dan kurang berasa gandumnya :/

  5. kutubuku sagt:

    Aku terus terang jarang makan roti, disini roti yang paling umum adalah rye bread yang asem itu. Kalau pernah denger makanan Denmark yang paling umum smørrebrød (open sandwich) ya itu tuh.

    Aku sendiri kadang kangen sama roti2 lembut ala Indonesia yang diisi macem2. Sempet ada temen bikin milk bread ala Hokaido yang enak banget 🙂

    • iyaaa.. tp menurut di denmark masih mening lho rasa rotinya, di jerman lebih asem lg. hehe aku jg kadang kangen roti2 yg kyk dindo. di düsseldorf ada toko roti jepang gitu, nahh mereka jugal roti2 lembut juga. enakkkk 😄😄

  6. nyonyasepatu sagt:

    Pernah Shin, di Medan kebetulan ada resto Jerman tp gak lengkap. Sekali2 aja mereka buatnya 😄

  7. Aku suka roti yg masi brasa gandum ir bebijiannya gitu..berasa sehat makannya. Ga terlalu suka roti tawar di indo emang brasa pengawetnya

  8. Roti di Jerman sama kayak yang di Australia.., mungkin ini bikinan imigran Jerman sejak zaman dulu kali ya.. Saya doyan banget roti sourdough itu.., oh rye bread juga.. Trus sambil baca post ini saya ngebayangin lagi ada di bakery favorit di kota tempat tinggalku di sana..😋

  9. Ata sagt:

    Belom pernah, pengen nyoba jadinya. Selama ini makannya roti manis-manis yang malah bikin cepet laper lagi. :‘)

  10. denaldd sagt:

    Shin, suami doyaaann banget makan roti Jerman. Karena Papa mertua kan Jerman mania (haha apa ya istilahnya pokoknya suka banget segala yg berbau Jerman, sampai namain suamiku pakai nama Jerman), dan dulu sering tugas ke Jerman, jadinya suka bawa roti kalo pulang. Nah, 2 kali ke Jerman bareng aku, suami semangat banget cerita kalo dia sudah ga sabar makan roti Jerman. Karena aku ga terlalu doyan roti, jadinya nyicipin sedikit dan rasanya memang agak asem dan keras haha. Kangen Sari Roti jadinya 😅

  11. inlycampbell sagt:

    Pernah nyobain dan doyan, cuman kalo kebanyakan mungkin eneg juga yah.. lihat gambar terakhir nya kamu, makan kayak gitu sekali2 sih ok, tapi kalo keseringan kayaknya bisa stress juga, walopun aku bisa makan tanpa nasi selama sebulan, tapi kalo makan roti mulu, rasanya gimana gitu.. hahaha

  12. Ria Angelina sagt:

    Ingat teman aku doyan banget makan German Dark Rye Bread itu paporit katanya kalau aku penasaran makan brazel shin..

  13. cerita4musim sagt:

    Belgia punya roti sendiri juga sih Shint dan enak2 juga dan pilihannya banyak seperti yang kamu ceritain diatas 🙂
    Kalau kelamaan mudik aku pun kangen makan roti Belgia :))

  14. Stephanie sagt:

    aku udah ga nggak makan roti putih lagi. dulu waktu baru pindah sih ingetnya makannya waktu itu yah roti putih doank, tapi sekarang lebih demen yang rye bread. 🙂

  15. Wow,gandumnya sampai keliatan jelas gitu ya.enak itu jd lebih kenyang hehehehehe.
    Sayang belum pernah nyobain 😦

  16. mariskaajeng sagt:

    dulu waktu masih ngoper aku juga terpaksa sarapan dan makan malam pakai Brot, sekarang mah kalau lagi diet aja 😆 nasi diganti dengan Knäker- atau Schwarzbrot, dua slice langsung kenyang hihi :p

  17. Ortu dan aku dulu sempat tinggal di Jerman cukup lama, kebiasaan makan macam-macam roti kebawa sampai sekarang haha, yang asem, yang berat, yang keras, yang penuh biji-bijian, yang gelap sampe yang terang (ala Turki) semua we dimakan. Kalau di Bandung ada dua bakery yang legitimate bikin macem-macem roti Jerman, Tizi’s sama Max Moritz.

Kommentar verfassen

