Menikmati Hari Ini

Sudah hampir setahun ini aku menjalani motto kehidupan: Menikmati Hari Ini. Belajar untuk nggak menyesali masa lalu, tidak memusingkan masa depan, tapi menikmati hari ini dan fokus pada saat ini. Dan ternyata itu nggak mudah, tapi sejak mulai menerapi hal ini setiap hari hidupku jadi makin tenang 😌

Salah satu yang aku jalani tentunya ‚Menikmati Hari Ini‘ dengan anak-anak. Aku banyak banget berdikusi sama Matt (namanya aku singkat aja ya), gimana biar fokus antara keluarga dan diri sendiri itu seimbang. Bukan cuma mikirin anak terus dan anak selalu jadi prioritas utama. Berfokus pada diri sendiri itu juga penting dan itu bukan egois. Dengan menyeimbangkan kepentingan masing-masing, membuat kami sekeluarga juga bahagia.

Saat aku berdiskusi ini, pertanyaan pertama yang kita bahas adalah hal-hal penting apa yang tidak bisa ditoleransi sama aku dan Matt. Contohnya untuk aku adalah kerja. Aku harus kerja biar aku tetep waras 🙂 Aku harus punya kegiatan lain selain beresin rumah, masak dan jagain anak. Itu point terpentingku.

Lalu aku menganalisa:

Gimana kerjaanku sebelum cuti melahirkan ini?

Apa aku puas?

Apa aku bisa bagi waktu dengan keluarga, kalau aku balik kerja yang dulu?

Apa ada opsi untuk kerja part-time?

Apa masih ada sesuatu yang aku inginkan?

Dan masih banyak pertanyaan lain yang semuanya tentang aku. Aku selalu mulai memikirkan sesuatu dengan fokus pada diriku dulu. Dan ini menurutku ini nggak egois! Karena setelah tau apa yang aku mau, aku bisa bikin prioritas: Apa yang bisa dilakukan sekarang, apa yang bisa diubah dan apa yang masih harus ditunda.

Setelah aku tau apa yang aku mau, baru aku mulai memikirkan: Apakah keinginanku baik untuk keluargaku? Apakah aku bisa bagi waktu dengan keluarga? Siapa yang mengerjakan perkerjaan rumah tangga? Kapan bagi waktu untuk anak? Kalau anak sakit, siapa yang bisa jagain anak?

Proses kedua ini pokoknya semua yang bersangkutan dengan keluarga inti (suami dan anak-anak). Semua yang ada dipikiranku ini selalu aku bagi sama Matt. Jadi dari awal dia selalu aku libatkan dalam semua pertimbangan-pertimbangan dalam mengambil keputusan. Begitu pula dengan Matt yang selalu melibatkan aku. Setelah itu aku dan Matt mengambil keputusan yang kami yakin itu terbaik untuk keluarga kami.

Keputusan yang kami ambil nggak selamanya memuaskan, tapi kami percaya keputusan kami adalah pilihan terbaik untuk kami dan anak-anak. Dan setiap keputusan itu pasti ada konsekuensinya. Tentunya sebelum mengambil keputusan, kami pikirin juga plus dan minusnya. Jadi kita bisa meminimalisirkan kemungkinan menyesal kemudian hari.

Dan kunci utamanya adalah komunikasi. Ini merupakan sesuatu yang perlu aku pelajari banget, karena aku dari kecil nggak biasa ngungkapin perasaan dan keinginanku. Tapi sejak lebih bisa berkomunikasi dan mengungkapkan perasaan, hidupku jadi lebih tenang 😌

Saat aku udah menemukan jawaban, apa yang aku mau, aku langsung mencari peluang-peluang yang ada. Hingga aku memutuskan untuk balik kerja lagi dari awal September kemarin, tapi di perusahaan baru. Banyak banget yang heran dan bertanya kok malah keluar dari comfort zone, bukannya lebih aman kalo balik ke tempat kerja yang lama, dll. Ya aku jawabnya hanya kalau ini semua udah dipertimbangkan baik dan buruknya untuk aku dan keluargaku. Dan kami sampai dikeputusan kalau mulai ditempat yang baru akan lebih baik kedepannya untuk aku dan keluargaku 🙂

Sejak mulai ditempat yang barupun aku nggak membandingkan dengan yang lama. Aku menikmati hal-hal baru yang bisa aku pelajari. Aku menikmati waktu setelah kerja dengan anak-anakku. Dan aku memutuskan untuk tidak merisaukan masa depan. Aku menikmati hari ini 😌

Getaggt mit , , , ,

4 Gedanken zu „Menikmati Hari Ini

  1. Dita sagt:

    karena aku dari kecil nggak biasa ngungkapin perasaan dan keinginanku — ini aku banget juga sihh, huhuhu makasih sharingnya ya Shinta…mau belajar juga pelan-pelan

  2. Messa sagt:

    Halo mbak Shinta.. makasih banyak sharingnya ya.. membaca pengalaman orang lain memang bikin kaya 😊

Kommentar verfassen

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden /  Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden /  Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden /  Ändern )

Verbinde mit %s

%d Bloggern gefällt das: