Schlagwort-Archive: kerja

Back to Work

Pertimbangan untuk kembali bekerja pas Jasper umur 6 bulan tanpa ART, babysitter atau daycare itu beneran dilema banget deh… Untuk ukuran orang Jerman sendiri, (balik kerja pas anaknya baru umur 6 bulan) itu juga termasuk aneh, karena mereka biasanya ambil cuti melahirkan minimal 1 tahun, bahkan ada yang sampe 3 tahun.

Di tahun pertama ambil cuti melahirkan kita emang dapet tunjangan dari pemerintah dan 2 tahun berikutnya nggak.Tunjangannya tentu nggak sebanyak gaji kita ya, tapi ya lumayan untuk nambah2in beli pampers dan juga beli mainan Jasper ๐Ÿ™‚ Kita punya posisi di perusahaan juga aman sampai max. 3 tahun. Jadi kalo balik kerja lagi, dapet posisi yang sama atau nggak posisi yang setara sama posisi sebelum kita cuti melahirkan. Oiya cuti punya anak ini berlaku juga buat papanya ya, jadi kalo papanya yang mau stay di rumah dan mamanya yang kerja juga bisa aja…

Hasrat pengen kerja lagi tuh bahkan udah ada sebelum Jasper lahir. Karena dari Februari gue emang udah stay dirumah dan rasanya nggak betah banget cuma diem di rumah doang ๐Ÿ˜ Jadi pas Jasper sekitar 3 bulanan gitu, gue dan Matthias sibuk diskusi gimana cara biar gue bisa balik kerja lagi, siapa yang ngurusin Jasper, kalo kerja kira2 berapa jam per minggu. Oiya disini gue emang memutuskan untuk balik kerja lagi, tapi tentu nggak balik kerja full time. Akhirnya gue curhat sama mertua kalo gue pengen balik kerja dan mereka support jugaaa ๐Ÿ˜ Mereka bilang kalo mereka bisa jagain Jasper tiap hari Jumat. Huaaaa langsung deh dapet pencerahan ๐Ÿ™‚ Akhirnya Matthias dan gue putusin kalo gue akan kerja 16h/minggu dan tiap Jumat gue ke kantor, sedangkan sisanya gue akan kerja dari rumah dan mulainya kalo Jasper udah genap 6 bulan. Tapi itu baru angan2 lho… Karena belum gue omongin sama kantor gue. Sempet deg2an juga, takut di tolak ๐Ÿ˜‚

Tapiiiii pas gue mampir ke kantor sama Jasper, bos gue udah antusias banget nanyain kapan gue mau mulai lagi. Dan pas gue kasih tau rencana gue, dia langsung setuju. Tanpa banyak protes atau apa, pokoknya langsung di setujui… Huaaaa seneng banget gue ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Dan sejak senin minggu lalu gue udah mulai kerja lagi. Gue bersyukur banget dapet banyak support dari Matthias dan mertua gue. Matthias kadang kalo pulang kerja langsung harus jagain Jasper, biar gue bisa lanjut kerja. Jasper yang jarang rewel klo kadang gue ajak ke kantor, karena harus ada kerjaan yang diberesin atau harus ngunjungin sushi bar. Pokoknya gue bersyukur dengan semua support yang gue dapet… Biarpun capek banget, karena selain kerja tetep harus jagain Jasper, juga beberes rumah dan masak, tapi gue tetep merasa lebih nyaman kalo gue kerja lagi.

Semoga semuanya lancar2 terus yaaaa โ™ฅ๏ธ

Happy Weekend semuaaaa!!

Advertisements
Getaggt mit , , , , ,

Cerita Awal Tahun

Selamat Datang 2015!!!! Please, be nice to me ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

New Year’s Eve kemaren kita nggak ngadain acara spesial apa-apa. Acaranya cuma belanja bareng trus masak2 dan main PS bareng Matthias dan Jun. Gue main monopoli di PS selalu kalah mulu. Huhu… Apa menu kita kali ini??

1. Fruits Pie

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/c0d/58642349/files/2015/01/img_3477.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/c0d/58642349/files/2015/01/img_3478.jpg

Jadi puff pastry gitu yang diisiin berbagai buah2an: apel, pir dan berbagai jenis berry. Biar berasa winternya gue tambahin bubuk kayu manis juga ๐Ÿ˜€ Rasanya lumayan juga, rasa manisnya sih pas buat Matthias tapi kurang buat gue. Hehe… Tapi nggak apalah, biar hidup sehat ceritanya ๐Ÿ˜€

2. Kohlroulade
Tadinya kita mau bikin Rouladen daging gitu, tapi ternyata daging rouladenya uda abis aja. Jadilah kita akhirnya mutusin buat bikin Kohlroulade pake mashed potato dan saosnya cheesecreme bacon gitu. Rasanya enak juga ๐Ÿ˜€

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/c0d/58642349/files/2015/01/img_3480.jpg

Terus pas tepat jam 12 kita cuma buka Champagne n main petasan dikit. Kali ini petasannya sayangnya nggak gitu bagus, jadi ga ada fotonya deh. Tapi tetep nyenengin donkkk… Satu jalan jadi penuh asep petasan gitu. Hehe…

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/c0d/58642349/files/2015/01/img_3485-0.jpg

Pas taon barunya gue gunain buat bermalas2an. Tapi gue emang orangnya susah diem di rumah aja ya, masa gue sempet kangen kerja sih?? Hahaha…. Aneh ya?

Sebelnya acara bermalas2annya sempet keganggu dengan celoteh2an family yang di indo. Entah family deket atau juga family jauh. Pasti yang seumuran gue tapi blom merit langsung ngeh celotahan tentang apa. Hahaha… Yup!! Lagi2 ditanya KAPAN NIKAH????? Sampe bosen dengernya dan capek debatnya. Tapi The Bing Bang Theorie berhasil balikin mood gue lagi ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

Dan hari ini, gue memulai hari dengan berenang donkkkk!!! Abis kemaren ini kayaknya makan mulu tapi nggak ada olahraganya. Hehe…. Akhirnya gue berusaha buat ngalahin rasa malas gue dan mulai buat olah raga lagi. Yeayyyy… Sekarang badan gue pegel2 deh. Hehe….

Tahun baru, semangat baru ceritanya ๐Ÿ˜€

Oiyaaa… Nanti malam perjalanan kita dimulai ๐Ÿ˜€ Gue dan Matthias mau liburan kecil ke arah jerman dan eropa timur. Tujuan pertama kita ke berlin buat ngunjungin temen gue, trus lanjut ke prag dan dari pag kita mampir ke dresden dulu sebelum balik ke kรถln. Doain perjalanannya lancar ya ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/c0d/58642349/files/2015/01/img_3497.png

Semoga tahun 2015 ini banyak kesempatan buat jalan2 ya ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

Getaggt mit , , , , , , , , , , , ,

Tips 2: Kuliah di Jerman

Seperti janji gue di tahun lalu kalau gue bakalan lanjutin tentang tips untuk kuliah di Jerman. Tips dari gue ini bener-bener hasil dari pengalaman gue sendiri dan pengalaman orang-orang asing di sekitar gue. Dan gue berharap tentunya kalau pengalaman gue ini juga bisa bermanfaat untuk kalian ๐Ÿ™‚

Kali ini gue mau berbagi pengalaman tentang Part-Time Job di Jerman. Info ini lumayan penting untuk anak2 yang finansialnya ngak didukung 100% sama ortu atau keluarganya. Sepertinya yang udah pernah gue bilang. Keuangan gue dulu juga ngak didukung 100 %, jadi ya gue harus kuliah sambil kerja. Kira2 gue cuma dapet sekitar 200-300 Euro per bulan dari Indo. Dan itu Jelas sangat tidak cukup untuk hidup disini (menurut gue). Haha… Seperti yang gue bilang juga gue itu orangnya boros. Gue demen banget Shopping, demen banget nyobain resto2 enak di Jerman, demen banget Party semaleman suntuk dan gue juga seneng banget jalan2 keliling Eropa. Selain itu selama kuliah gue juga Long Distance sama Matthias (Kรถln-Bremerhaven) dan itu tidak murah!

Soooo… Untuk mencukupi kehidupan hedon gue ya gue harus kerja. Dan kerja gue itu ngak dikit lhooo… Malah kayaknya gue banyakan kerja deh daripada kuliah. Hahaha… Jangan dicontoh ya… ๐Ÿ™‚

Part-Time Job sendiri ada 2 macem disini:

1. Part-Time Job sepanjang tahun

Typical Part-Time Job untuk sepanjang tahun itu kayak kerja di McDonalds (selama kuliah gue kerja disana), Burger King, Cafe atau resto2 gitu. Nah… biasanya gajinya itu kecil. Dulu gue awal kerja disana cuma di bayar 6,6 โ‚ฌ/jam dan pas akhir2 gaji gue uda 7,5โ‚ฌ. Secara kontrak resmiย biasanya untuk Student itu 20 jam kerja per minggu, artinya sebulan kalian bisa dapet kira-kira 500 – 600 Euro. Kadang kalian juga bisa minta jam kerja lebih.

Dulu kalo ngak jaman ujian gue bisa kerja sampe 30 jam per bulan dan kalo jaman ujian ya harus di sesuaiin sama ujiannya. Kadang pas ujian gue masih kerja, kalao pelajarannya ngak gitu susah atau seminggu gue ngak kerja sama sekali karena harus nyiapin ujian yang horor banget!

Jadi intinya kalian harus pinter2 aja bagi waktunya. Di Jerman itu kan masuk kuliah ngak selalu wajib dan ampir ga ada absen (kecuali kalo pas Labor). Jadi biasanya kalo menurut gue pelajarannya ngak susah2 banget dan skripnya di Internet lengkap yaaa gue lebih milih kerja daripada duduk di bangku kelas (Bolos maksudnya :D). Weekend gue ampir selalu kerja. Biasanya tiap bulan gue ambil liburย 1-2 kali Weekend, biar gue bisa ke Kรถln. Kan pacaran juga penting ya ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

Jadi pas hari biasa juga kadang-kadang kerja juga. Antara bolos kuliah, setelah kuliah atau kalo emang lagi ngak ada kuliah. Seminggu gue bisa 3-4 kali kerja dan waktunya 6 – 8 jam kerja. Pendapatan gue sendiri lumayan bervariasi dari 400 – 800 Euro. Itu tergantung seberapa banyak gue kerja per bulannya. Kalo di McDonalds dulu itu Klo tanggal merah biasanya gue kerja, karena gajinya double. Kan lumayannnn ๐Ÿ˜€

Nahh… Gue sih ngak bisa cerita banyak gimana kerja di resto2 atau cafe ya. Gue cuma pernah kerja Part-Time di McDonalds (3 tahun) dan Burger King (2 bulan) aja. Kerja di McDonalds itu menurut gue asik tapi berat. Jangan mikir kalian bisa enak2 kerja disana. Banyak banget yang ngak betah lho kerja di McDonalds. Tapi dulu itu temen2 kerja gue enak banget, jadi gue betah kerja disana. Kerjaan gue sendiri di McDonalds itu macem2. Gue kerja di dapur untuk nyiapin burger, kerja jadi kasir dan juga beresin sisa makanan orang. Biasanya kalo cewek itu jarang yang lama kerja di dapur. Mereka senengnya di kasir. Tapi gue sih seneng2 aja lhooo… Makanya bos gue dulu juga seneng kalo gue bisa kerja dimana aja. Jadi Kasir bisa… Kerja di dapur juga bisa..

Banyak yang bilang kalo kerja di McDonalds itu gajinya kecil dan kerjaan berat. Itu emang bener tapiiiii menurut gue ngak parah2 banget kok. Yang penting buat gue adalah gue bisa punya duit untuk bayar kehidupan gue tiap bulannya. Kan bersusah2 dahulu, bersenang2 kemudian ya… ๐Ÿ˜€

 

2. Ferienjob

Nahh… untuk yang susah bagi waktu mungkin lebih baik kerjanya pas liburan aja, namanya Ferienjob. Di Jerman itukan kalo pas Paskah bisa libur 2 minggu dan kalo Summer malah bisa sampe 3 bulan ya… Nahhh… diwaktu liburan itu bisa kalian gunain untuk kerja.

Ngak enaknya itu ya setelah selesai ujian kalian harus kerja dan abis selesai masa kerja ya harus siapin ujian lagi. Kalian emang bisa dapet gaji lumayan gede. Kalo ngak Salah sekitar 2000 Euro per bulan. Jadi dalam beberapa bulan kalian bisa dapet 4000 Euroan. Emang sihhhh gede tapi itu bukan Option buat gue. Hehe

Gue lebih seneng kuliah sambil kerja, tiap bulan dapet gaji walau ngak banyak banget dan pas liburan gue bisa jalan2 ๐Ÿ˜€ Enakkan??? Hehe

Kerjaan untuk Ferienjob sendiri gue ngak bisa bilang enak atau ngak, karena gue ngak pernah ngalamin. Ada yang bilang enak, ada juga yang bilang ngak enak. Tapi kan tiap orang beda2 ya… Kayak kerja di McDonalds aja banyak yang bilang ngak enak kerja di McDonalds tapi menurut gue enak2 aja ๐Ÿ˜€

 

Sooo tips gue untuk yang mau kuliah sambil kerja ya kalian harus kenali dulu model kerja kayak apa yang cocok untuk kalian. Kalo kalian mau kerja di McDonaldspun kalian ngak harus kayak gue kerjanya banyak. Kalian juga bisa kerjanya Sabtu&Minggu aja. Buat gue sihhh duitnya jadi kedikitan ya… Hehe… Tapi yang harus diingat adalah kalian kan di Jerman tujuannya mau kuliah bukan kerja Part-Time. Jadi kalo pas kerja itu kalian ngerasa kuliah kalian terganggu, coba pikir ulang lagi deh apa bener2 perlu kalian kuliah Part-Time. Kalau untuk anak2 yang finansialnya ngak disupport dari indo ya emang harus dipaksain ya…

Tapi jangan gara2 kebanyakan kerja, kuliah kalian malah jadi berantakan dan akhirnya malah di DO dan harus balik ke indo dengan tangan kosong lhoooo…

Oiya… Untuk kerja di McDonalds gituuu bahasa jerman kalian udah harus lancar lhooo.. Kalo ngak ntar bos ngomong apa ngak ngerti lagii.. Hehe… Klo Ferienjob gitu sih kayaknya ngak penting2 banget ya… Sooo perlancar bahasa jerman kalian dengan selalu ngomong jerman ๐Ÿ˜€

Selamat bekerja ๐Ÿ˜€

PS: Tips dari tahun lalu kalian bisa liat disini: Tips 1: Kuliah di Jerman

 

 

Getaggt mit , , , , , , ,

Quarterlife Crisis

Ahhh jangan ketawa baca judulnya!! Awas lho ya… ๐Ÿ˜€

Tapi jujur belakangan ini tuh kok gue ngerasa gimana gitu ya… Aneh deh pokoknya! Beberapa tahun yang lalu gue pernah sih ngerasain hal yang sama.

Kira2 dua tahun yang lalu pas jaman masih kuliah, gue tuh pernah ngerasa kayak gini juga. Rasanya gue ngak mau apa yang gue cari di hidup ini. Rutinitas gue dulu selalu sama: bangun, makan, kuliah, kerja, tidur dan klo weekend party or shopping. Kadang2 klo weekend juga ketemuan sama Matthias. Udah, itu aja! Dan gue merasa ngak puas dengan rutinitas gue itu…ย  Tapi lama2 ilang juga rasa ‚aneh‘ itu dan gue ngerasa biasa lagi sama hidup gue.

Dan sejak beberapa bulan ini gue ngerasain yang sama lagi. Banyak banget pertanyaan-pertanyaan dan ketakutan-ketakutan ngak jelas yang sering mampir di otak gue. Contohnya:

– Gimana gue kedepannya?

– Kerjaan gue yang sekarang ini udah cukup oke blom ya?

– Klo gue nyari kerjaan baru, kira2 ada yang mau terima gue ga ya?

Pokoknya banyak banget pikiran aneh yang terlintas di otak gue. Gue emang berencana nyari kerjaan baru, kalo nanti gue uda dapet PR di Jerman. Soalnyakan sekarang gue LD sama Matthias, ketemuan klo weekend aja dan itu ga setiap weekend. Jadinya kalo gue udah dapet PR sini (Syaratnya: 3 taon kerja di tempat yang sama), gue rencana buat nyari kerja yang lebih deket atau satu kota sama dia.

Yang paling nyebelin keluarga gue ikut2an aja lho buat gue makin pusing dengan pertanyaan-pertanyaan konyol. Apa itu???

Tentunya…… Kapan Married????

Hahhh!!! Jujur sekarang ini gue ngerasa ngak ada ruang sedikitpun diotak gue buat mikirin hal itu. Karena masih banyak banget hal2 lain yang (menurut gue) lebih penting daripada mikirin hal ttg pernikahan. Haduhh dengernya aja uda bikin merinding.

Seperti yang gue bilang, gue itu masi LD sama matthias (Cloppenburg-Kรถlnย jaraknya 300 km) dan gue juga blom mantep sama karir gue. Kayaknya sebelum gue dapet kedua hal itu, gue ga mau mikirin buat married dulu. Lahhh.. masa abis married trus tinggalnya jauhan. Kan nga asik ya…. ๐Ÿ˜€

Tapi ya gitulahh… Gue sama dia udah ampir 6 tahun bareng, jadinya keluarga gue uda mulai rewel.

Gue tau sih, kayaknya masalah gue ini cetek banget… banyak orang-orang lain yang lebih gede masalahnya daripada masalah ‚keanehan‘ gue ini. Tapi tetep aja rasanya tuh ngak enak, ngejalanin sesuatu dengan ragu2 dan nga ada kepastian.

Mudah2an gue cepet keluar dari rasa ‚aneh‘ yang menghantui gue ya… Setelah baca2 di berbagai macan sumber, mereka bilang sih gue ini lagi mengalami yang namanya Quarterlife Crisis. Masalah yang emang sering ditemui orang-orang yang berumur 20 – 30 tahun (terutama cewek). Karena itu mungkin namanya Quarterlife… Dan tepatnya emang umur gue sekarang 25 tahun. Hehe…

Getaggt mit , , , , , ,